Pemkot Cilegon Akan Tes Urine Seluruh Pegawai

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon akan lakukan tes urine kepada seluruh pegawai....

Hal tersebut, menyusul terjeratnya dua oknum pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Cilegon atas kasus penyalahgunaan narkotika.

Kedua oknum PNS tersebut yakni SWD (41) dan DP (49) yang diringkus Satresnarkoba Polres Cilegon pada Selasa (8/6/2021) lalu di tempat berbeda, karena kedapatan menggunakan narkoba jenis sabu dan tembakau gorila.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan tes urine kepada seluruh pegawai di Pemkot Cilegon.

Langkah tersebut sebagai upaya dalam pengawasan dan pembinaan pegawai agar terhindar dari penyalahgunaan narkotika.

“Itu wajib dan akan kita lakukan, cuma untuk tanggalnya tidak akan kami beritahukan. Kalau dikasih tahu nanti pada siap-siap,” kata Helldy dalam konferensi pers di Ruang Rapat Walikota, Jumat (11/6/2021).

Selain itu, Helldy menegaskan, kedua oknum PNS tersebut tak akan mendapatkan bantuan hukum dari Pemkot Cilegon.

“Tidak mendapat bantuan hukum, karena ini menyangkut pribadi bukan pekerjaan,” ujarnya.

Helldy mengungkapkan, Pemkot Cilegon tengah menunggu hasil pemeriksaan dari pihak kepolisian terkait nasib kedua oknum PNS tersebut.

“Apabila terbukti, ditetapkan menjadi tersangka oleh pihak kepolisian, maka untuk oknum PNS akan diberhentikan sementara dari PNS,” ungkapnya.

Selain diberhentikan, lanjut Helldy, oknum PNS tersebut nantinya hanya akan diberi 50 persen dari gaji pokok yang diterima.

Helldy menyebutkan, hal itu sesuai dengan sejumlah peraturan mengenai PNS, diantaranya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, PP Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan PP Nomor 11 Tahun 2017, dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Pemberhentian PNS.

“Apabila terbukti melakukan tindakan pidana, kepada PNS yang dimaksud pemberhentian sebesar 50% dari penghasilan jabatan terakhir atau gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan lainnya,” pungkasnya.

Artikel ini sebelumnya berjudul “Terjerat Narkoba, Dua PNS Cilegon Tak Dapat Bantuan Hukum“.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: