Pemkot Akan Renovasi 122 RTLH di Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon akan renovasi sebanyak 122 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di 7 kecamatan di Cilegon. ...

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Cilegon Ahmad Jubaedi mengatakan, bantuan Rehabilitasi Sosial RTLH (RS-RTLH) untuk warga kurang mampu tersebut yakni 62 unit di Kecamatan Pulomerak, 3 unit di Grogol, 15 unit di Purwakarta, 5 unit di Ciwandan, 7 unit di Citangkil, 8 unit di Cilegon dan 22 unit di Cibeber.

“Jumlah bantuan RS-RTLH ada 122 yang tersebar di 7 Kecamatan,” kata Jubaedi usai penyerahan bantuan secara simbolis di Aula Setda II, Kamis (5/8/2021).

RS-RTLH itu, kata Jubaedi, bukan merupakan bagian dari program renovasi RTLH yang ada di Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPW-Kel).

Selain bantuan tersebut, Dinsos Cilegon juga menyerahkan bantuan Keluarga Sasaran Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (KSJSCM) untuk 1.665 kepala keluarga (KK) yang tidak menerima bantuan program keluarga harapan (PKH).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian kepada keluarga penerima manfaat (KPM), di mana masing-masing KK akan menerima bantuan sebesar 1 juta Rupiah.

“Program ini kami berikan untuk masyarakat fakir miskin dan tidak mampu serta tidak masuk dalam program PKH dan JAMSOSRAPI serta masuk dalam Data terpadu Kesejahteraan Sosial,” ujar Jubaedi.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) pada Dinas Sosial Kota Cilegon, Ratih Purnamasari menjelaskan, bantuan RTLH diberikan kepada KPM setelah melalui survey lokasi dan pendataan secara ketat.

Hal itu, kata Ratih dilakukan agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran kepada keluarga yang membutuhkan.

“Nilai bantuan yang diberikan pada setiap RTLH ada yang Rp7,5 juta dan Rp15 juta. Itu tergantung masing-masing kebutuhannya. Bantuan RTLH ini semuanya bersumber dari APBD Cilegon,” tuturnya.

Ratih mengungkapkan, Pemkot Cilegon berencana untuk menambah anggaran RS-RTLH pada anggaran 2022 mendatang.

“InsyaAllah tahun depan dianggarkannga Rp. 15 juta, gak ada lagi yang Rp.7,5 juta,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan, bantuan RS-RTLH bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat kurang mampu.

“Bantuan ini bertujuan agar terpenuhinya kenyamanan dan keamanan tempat tinggal, meningkatkan harkat dan martabat, meningkatkan kualitas kesehatan serta meningkatkan kualitas hidup untuk masyarakat yang kurang mampu,” katanya.

Untuk itu, Helldy meminta Dinsos benar-benar selektif agar bantuan tepat sasaran kepada keluarga yang membutuhkan.

“Saya mengintruksikan pada Dinas Sosial agar bantuan ini bisa tersalurkan untuk orang yang benar-benar membutuhkan,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: