Pemerintah Imbau Kibarkan Bendera Merah Putih Serentak 1-31 Agustus

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemerintah mengimbau kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah untuk mengibarkan bendera Merah Putih di lingkungan masing-masing mulai 1-31 Agustus 2021....

Hal itu ditujukan untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021.

Imbauan tersebut tertuang dalam surat yang diteken oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 22 Juni 2021, dikutip dari laman resmi www.setneg.go.id, Senin (2/8/2021).

Dalam surat dengan nomor B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 itu, Mensesneg juga menginstruksikan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya di lingkungan masing-masing.

Kementerian/lembaga dan pemerintah daerah juga diminta untuk menyelenggarakan program, kegiatan, campaign baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun.

Kemudian pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10.17 – 10.20 WIB, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah diminta untuk menghentikan seluruh kegiatan atau aktivitas, serta berdiri tegap saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi.

Namun, ada pengecualian untuk aktivitas sejenak bagi setiap orang dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri dan orang lain apabila dihentikan.

“Penyelenggaran hal-hal dimaksud di atas agar dilakukan dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19 secara ketat, sesuai kemampuan dan kondisi daerah masing-masing serta memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” demikian bunyi aturan dalam surat tersebut.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Nasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: