Pembuang Sampah di Bekas Galian C Terancam Pidana

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pelaku pembuang sampah di bekas galian C di belakang SPBU Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber akan terancam sanksi pidana....
Didhie DLHK Cilegon
Kepala DLHK Cilegon Didhie Sukriadi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Cilegon Didhie Sukriadi mengatakan, pengusaha angkutan sampah yang kedapatan membuang sampah rumah tangga di tempat yang bukan diperuntukkan, akan diberikan sanksi tegas sesuai Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku.

Didhie menuturkan, saat ini pihak Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber selaku yang berwenang terkait dengan kasus sampah liar yang dibuang oknum pengusaha angkutan sampah di lokasi bekas galian C di wilayahnya.

“Lagi proses kan, itu lurah ditugaskan untuk mencari pelakunya, terus juga menghubungi pemiliknya, masih dalam proses lah,” kata Didhie ditemui disela aktifitasnya, Senin (21/6/2021).

Didhie menegaskan, bagi pengusaha yang terbukti dengan sengaja membuang sampah rumah tangga di bekas galian C tersebut, akan dikenakan sanksi sesuai Perda Nomor 5 tahun 2003 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3) di Wilayah Kota Cilegon.

Dimana pelanggar ketentuan Perda K3 tersebut diancam pidana kurungan (penjara) selama-lamanya 3 bulan atau denda sebesar-besarnya Rp5 juta.

“Kan ada Perda K3, sanksi 3 bulan kurungan,” ujar Didhie.

Sampah menumpuk di bekas galian
KOTOR: Sampah menumpuk di bekas galian

Terkait dengan kerusakan alat pemusnah sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Bagendung, Didhie mengataka, hal itu tidak benar adanya.

Ia menepis dugaan kerusakan alat tersebut sebagai penyebab para pelaku usaha jasa pembuangan sampah rumah tangga akhirnya membuang sampah di bekas galian C itu.

“Sudah diperbaiki, sudah lama itu, dan engga pernah terganggu, karena (jika alat rusak) kita kan sewa satu unit. Engga ada laporan (kerusakan alat), kecuali 2 bulan yang lalu, karena begitu rusak kita langsung antisipasi,” tuturnya.

Didhie juga mengaku, hingga saat ini belum ada satu pun pelaku usaha atau badan usaha jasa pengangkutan sampah limbah rumah tangga yang melapor ke DLHK Cilegon.

“Sampai sekarang belum ada yang lapor,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: