Pastikan Aset Daerah Kembali, Pemkot Cilegon Gandeng Kejari

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon pastikan aset milik daerah kembali ke pemerintahan....

Untuk memastikan hal itu, Pemkot Cilegon berikan Surat Kuasa Khusus (SKK) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon guna menindaklanjuti aset-aset milik daerah yang diduga masih banyak dikelola oleh pihak ketiga.

“Artinya, ada temuan-temuan yang notabene secara hukum kita memang perlu pendampingan, perlu dukungan maka kita bikin SKK, dalam hal ini ada tiga item yang saya sebutkan tadi,” kata Walikota Cilegon, Helldy Agustian usai penandatanganan SKK atas penertiban dan pengamanan Barang Milik Daerah (BMD) di Aula Kejari Cilegon, Jum’at (21/5/2021).

Dalam SKK itu, ada tiga item aset milik daerah yang disebutkan, yakni tanah dan bangunan yang masih berdiri berikut aset-asetnya, fasilitas sosial dan umum yang harus dikuasai atau belum disuratkan dan kendaraan dinas baik motor maupun mobil yang masih dikuasai atau dipegang oleh pihak lain.

Helldy menyebutkan, kendaraan roda empat menjadi sebagian besar temuan aset milik Pemkot Cilegon yang masih berada di pihak ketiga.

“Sebagian besar mobil. Sekarang kendaraannya di mana atau yang menggunakan siapa, kami perlu memastikan kalau aset tersebut ada di tangan orang yang tepat,” ungkapnya.

Oleh karenanya, untuk mengembalikan aset yang diperkirakan bernilai puluhan milyar tersebut, Pemkot Cilegon menggandeng Kejari Cilegon.

“Semua itu harus kita jaga, kita pelihara karena bagian dari aset negara,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Cilegon, Ely Kusumastuti menyambut baik upaya Pemkot Cilegon untuk mengembalikan aset milik daerah.

“Kami sudah mendapatkan SKK dari Pemkot Cilegon, kita akan memberikan bantuan hukum. Tentu saja kita menginventarisir dahulu mana aset-aset milik Pemkot yang ternyata masih dikuasai pihak ketiga,” tutur Ely.

Lebih lanjut, Ely mengungkapkan, setelah melakukan inventarisasi aset milik Pemkot Cilegon, pihaknya akan melakukan tindak lanjut berdasarkan temuan-temuan.

“Berdasarkan SKK itu kita akan menagih, menarik, dan mengambil kembali aset yang seharusnya kembali ke Pemda, untuk kemudian dikelola dengan baik sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: