Paripurna Penandatangan Rancangan Awal RPJMD Helldy-Sanuji Diwarnai Protes

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Penandatangan nota kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 antara DPRD dan Pemkot Cilegon diwarnai protes atau intrupsi....

Protes itu dilakukan Anggota DPRD Cilegon Fraksi Persatuan Demokrat Muhammad Ibrohim Aswadi dalam rapat paripurna penandatangan nota kesepakatan rancangan awal RPJMD tahun 2021-2026 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Cilegon, Senin (31/5/2021).

Pria yang akrab disapa Mia itu menilai, terdapat kekeliruan dalam redaksi berita acara paripurna. Dimana dalam berita acara itu menyebutkan kesepakatan rancangan awal RPJMD Kota Cilegon.

Padahal, menurutnya, seharusnya redaksi dalam berita acara tersebut adalah kesepahaman antara DPRD dan Pemkot Cilegon.

“Di dalam berita acara ini disebutkan bahwa ada satu bahasa menyepakati. Apakah betul RPJMD nota kesepakatan ini sudah disepakati secara menyeluruh, padahal dalam pembahasan kemarin, itu banyak sekali masukan dan koreksi,” kata Politisi Partai Demokrat itu.

Selain itu, dalam lampiran RPJMD hanya memuat RPJMD milik Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta saja, tanpa menyertakan lampiran RPJMD hasil usulan DPRD Kota Cilegon sebagaimana dibahas dalam rapat gabungan sebelumnya pada Jumat-Minggu (28-30 Mei 2021) lalu.

“Usulan kawan-kawan Anggota DPRD berikan hanya usulan saja, entah diterima atau tidak? Saya meminta kepastian secara hukum karena menyangkut klausalitas perjanjian eksekutif dan legislatif. Selain itu kaitan dengan rekapitulasi usulan juga banyak hal yang tidak dicatat,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian, mengaku telah mengakomodir usulan yang diberikan oleh seluruh Anggota DPRD Cilegon dan akan memasukkan dalam RPJMD kedepan.

“Itu kan ada perjanjian disitu, yang terlampir itu masuk ke dalam RPJMD,” katanya.

Terkait dengan usulan memasukan RPJMD sebelumnya yang belum terlaksana, Helldy mengatakan telah memasukkan beberapa item dalam RPJMD 2021-2026.

Namun demikian, Helldy mengaku tak hapal dengan item RPJMD sebelumnya yang masuk dalam RPJMD pada masa kepemimpinannya.

“Ada beberapa item yang memang kita sepakati dan memang itu juga bisa membangun perekonomian kita bareng-bareng,” tandasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: