Palsukan Dokumen Mudik, Pelaku Terancam 6 Tahun Penjara

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kepolisian Resort (Polres) Cilegon berhasil mengamankan pelaku pemalsuan dokumen untuk persayaratan mudik....

Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono mengatakan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari informasi masyarakat tentang adanya calo yang memperjualbelikan dokumen berupa surat keterangan kepala desa sebagai persyaratan mudik.

“Setelah kami turun, kami temukan ada satu pelaku yang menjual surat berupa surat keterangan dari Kepala Desa di daerah Lampung, kemudian di fotokopi, di-Tipe X diganti untuk orang lain,” kata AKBP Sigit pada konferensi pers di Aula Mapolres Cilegon, Jum’at (28/5/2021).

Kapolres menjelaskan, pelaku berinisial A mendapatkan surat keterangan tersebut dari salah seorang penumpang kapal yang mempunyai dokumen resmi untuk menyeberang.

“Jadi awalnya surat ini digunakan oleh penumpang dengan inisal ‘N’ untuk menyeberang karena itu sah. Oleh pelaku setelah orangnya menyeberang dia ada pertinggalnya (persyaratan yang kurang), inilah yang digunakan pelaku untuk menyeberangkan orang lain,” jelasnya.

Menurut Kapolres, pelaku menjual dokumen palsu tersebut senilai Rp200 ribu. Dimana diketahui, pelaku sudah menjual sebanyak 8 surat keterangan.

“Motif pelaku ini adalah ekonomi. Kita juga masih melakukan pendalaman, karena kami yakin tentunya ada hal-hal yang bisa terjadi setelah ditangkap,” ucap AKBP Sigit.

Di tempat yang sama, Kasat Reskrim Polres Cilegon, AKP Arief Nazaruddin Yusup mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pendalaman dan pengembangan terhadap kasus pemalsuan dokumen itu, untuk mengetahui kemungkinan adanya tersangka lain.

“Kita akan melakukan pengembangan sesuai fakta-fakta yang ditemukan oleh penyidik. Pengembangan akan dilakukan sesuai yuridis yang ada di negara ini,” tandasnya.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku dikenakan Pasal 263 Ayat 1 tentang Pemalsuan Dokumen dengan ancaman pidana 6 tahun penjara.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: