Musrenbang Ditengah Covid-19 Dilakukan Secara Virtual

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cilegon tahun 2021 berbeda dari biasanya....

Musrenbang yang dilakukan ditengah wabah Covid-19 itu dilakukan dengan metode virtual meeting bertempat di Aula Bappeda Kota Cilegon, Selasa (7/4/2020).

“Musrenbang RKPD tahun 2021 ini kita lakukan dengan metode baru yaitu dengan metode virtual meeting melalui dunia maya. Dalam kesempatan ini saya juga mengajak kepada seluruh stakeholder untuk bersama-sama berdoa agar wabah Covid-19 segera berakhir dan kita diberikan keselamatan,” kata Walikota Cilegon, Edi Ariadi.

Edi menjelaskan, wabah Covid-19 berdampak pada pendapatan daerah termasuk di Kota Cilegon.

“Covid-19 berdampak pada kondisi perekonomian baik pusat maupun daerah. Terbitnya PMK tentang insentif pajak terdampak wabah Covid-19 berdampak terhadap penurunan bagi hasil pajak daerah dan juga pada sektor perdagangan dan jasa,” ujarnya.

Penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu akan berdampak pada anggaran kedepan.

“Perlambatan ekonomi tersebut harus kita sikapi dengan tetap optimis,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Kota Cilegon, Sari Suryati mengatakan bahwa untuk tahun 2021 nanti, pemerintah akan menguatkan sektor ketenagakerjaan dengan memaksimalkan program Balai Latihan Kerja (BLK).

“Pengangguran merupakan masalah utama, maka dari itu kami akan memaksimalkan program BLK yang kami punya, dari tingkat dasar hingga ke tingkat profesional,” kata Sari.

Produk dari BLK Kota Cilegon itu, lanjutnya, diharapkan dapat menjawab tantangan ketenagakerjaan, dan bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Sospem pada Bappeda Provinsi Banten, Nur Metia mengatakan bahwa Kota Cilegon sudah melakukan program yang baik dam hal menangani angka kemiskinan.

“Tingkat kemiskinan di Kota Cilegon lebih rendah dibanding kabupaten/kota lain di Provinsi Banten, itu suatu prestasi yang bagus dari Pemerintah Kota Cilegon dalam menangani angka kemiskinan,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: