Minyak Goreng Satu Harga Diserbu Emak-emak, Minimarket Kehabisan Stok

BERITAKARYA.CO.ID - CILEGON, Semenjak adanya kebijakan pemerintah yang menetapkan harga minyak goreng dengan harga murah pada Rabu, 19 Januari 2022, stok minyak goreng di minimarket ludes diserbu pembeli. Rak...

Salah seorang pegawai minimarket menyatakan bahwa stok minyak goreng seharga Rp 14 ribu per liter itu telah ludes diserbu ibu-ibu. 

“Habis, Mas, tadi banyak ibu-ibu yang membeli,” ujarnya. Jum’at 21 Januari 2022.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Kota Cilegon, Ema Hermawati mengungkapkan kebijakan pemerintah yang menggelontorkan 250 ribu liter per bulan dengan harga Rp14 ribu untuk seluruh daerah di Indonesia akan berlangsung selama 6 bulan. 

Meski begitu, Ema menuturkan, subsidi minyak goreng itu saat ini belum bisa diterapkan di pasar rakyat. Penyeragaman harga itu baru diperuntukkan di toko-toko modern. 

“Kalau di pasar rakyat masih tetap harganya 19 ribu, itu pun berlaku dari hari Rabu sampai hari Rabu depan, nanti setelah hari Kamis baru menyesuaikan harganya dengan harga yang ada di toko modern,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, salah satu pegawai UPTD Pasar Kranggot, Maryori Dwi mengatakan bahwa harga minyak goreng di pasar tradisional Kranggot diberikan jangka waktu satu minggu untuk menyesuaikan.

“Pedagangnya belum mau nurunin harga mas, alasannya karena sisa pembelian sebelumnya. Kemungkinan untuk harga minyak seminggu lagi juga akan turun,” ungkap Maryori 

Sementara itu, Jannah (34) pedagang toko kelontong atau sembako di pasar tradisional mengaku bingung dengan keputusan turunnya harga minyak goreng. Pasalnya saat membeli harganya masih normal.

“Ini kan pasokan harga lama, kalo dijual dengan harga yang sekarang, Rp14 ribu perliter ya kita rugi dong,” tegasnya.

Pedagang lainnya, Sainah (42) juga mengaku masih menjual minyak goreng dengan harga normal yakni Rp20 ribu perliter.

“Iya mas, masih jual harga normal. Ya kalo jual 14 ribu saya rugi,” ucapnya.

Sementara itu, Inayah (37) pedagang uduk dan gorengan di Lingkungan Tegal Cabe, Citangkil, mengaku kesulitan mencari stok minyak goreng.

“Kan minyak goreng udah turun tuh, dua hari ini ke alfa/indo selalu keabisan terus, jadi deh belinya ke pasar dengan harga normal,” pungkasnya.***

Penulis : Crist

Editor : Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: