Menunggu Keberanian Helldy Buka Kembali CFD

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Para pedagang saat ini tengah menunggu keberanian Walikota Cilegon Helldy Agustian untuk kembali membuka kegiatan Car Free Day (CFD)....

Diketahui, selama Pandemi Covid-19, kegiatan CFD di sepanjang Jalan KH Yasin Beji, Komplek Krakatau Steel, Kecamatan Purwakarta, telah ditutup sejak November 2020 lalu.

Hal tersebut menyebabkan ratusan pedagang yang menggantungkan perekonomiannya melalui kegiatan tersebut harus berhenti berjualan selama lebih dari 6 bulan.

Ketua Paguyuban Wirausaha Cilegon (Pawon) Iim Ibrohim mengatakan, ratusan pedagang dibawah nanungan Pawon dan HPPB menunggu keberanian pemerintah untuk kembali membuka kegiatan CFD.

“Mudah-mudahan harapan kami tanggal 13 Juni, CFD sudah bisa dibuka kembali,” kata Iim usai rapat dengar pendapat (hearing) bersama komisi II dan IV DPRD serta Disperindag dan Dinas Kesehatan Cilegon di Ruang Rapat DPRD, Selasa (8/6/2021).

Iim mengatakan, selama dibuka pada masa Pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, para pedagang telah mematuhi aturan protokol kesehatan (Prokes) yang telah diberlakukan pemerintah.

“Sudah berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat saat pandemi kemarin. Karena waktu itu suruh ditutup aktivitasnya, yah kita nurut juga untuk ditutup. Kami berterima kasih kepada anggota dewan yang mau membantu menyampaikan aspirasi kami kepada Pak Wali,” ujarnya.

Ramai-ramai Dukung Agar CFD Dibuka

Di tempat yang sama, Ketua Komisi IV DPRD Cilegon, Erik Airlangga Al-Ghozali mendorong pemerintah dalam hal ini Walikota Cilegon untuk membuka kembali kegiatan berdagang yang hanya dibuka satu minggu sekali tersebut.

“Mudah-mudahan dari rapat Forkopimda itu bisa diputuskan CFD bisa kembali dibuka,” ujarnya.

Terkait dengan kekhawatiran pemerintah akan munculnya cluster baru penyebaran Covid-19, hal tersebut dapat ditindaklanjuti melalui pengawasan dan penerapan prokes yang ketat.

“Kalau misalnya berbicara CFD ini akan menyumbang cluster baru Covid-19, tinggal diperketat prokesnya. Diawasi selama kegiatan di lokasi itu, dan pengawasan harus konsisten,” ujarnya.

Dukungan untuk kembali membuka kegiatan CFD juga disampaikan Sekretaris Disperindag Cilegon, Bayu Panatagama.

Sebagai OPD yang bertugas melakukan pendampingan, pembinaan dan penguatan kepada pedagang, Bayu mendukung kembali dibukanya kegiatan CFD untuk menguatkan perekonomian pedagang di tengah Pandemi Covid-19.

“Saya sepakat untuk segera dibuka lagi, dan ini juga sudah kita bahas di tingkat OPD terkait bersama kodim dan polres, tinggal hari ini finalisasinya pada rapat forkopimda,” tuturnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Cilegon, Dana Sujaksani pun berpendapat sama. Ia mendukung kegiatan CFD dibuka kembali, untuk mengangkat perekonomian masyarakat di tengah pandemi.

“Saya kira engga masalah CFD, selama mematuhi protokol kesehatan 5 M. selama menerapkan prokes, itu tidak masalah,” katanya.

Walikota Gantung Harapan Pedagang CFD

Terpisah, Walikota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan, akan menunda terlebih dahulu untuk membuka kembali kegaiatan CFD di sepanjang Jalan KH Yasin Beji.

“Nanti kita pelajari lagi minggu depannya lagi, kita pengen ketemu dulu sama organisasinya (Pawon dan HPPB),” kata Helldy usai rapat bersama jajaran Forkopimda di Ruang Rapat Walikota, Selasa (8/6/2021) sore.

Keputusan penundaan tersebut, lanjut helldy, dilatarbelakangi oleh meningkatnya status Covid-19 Cilegon menjadi zona orange.

“Sekarang ini kan sudah zona orange lagi. Cuma orange-nya di angka 2, 3, artinya harus ada perbedaan lagi,” ucapnya.

Terkait dengan usulan pedagang yang meminta CFD dibuka kembali pada 13 Juni 2021 mendatang, Helldy mengaku akan secara langsung bertemu dengan pengelola dan CFD Pawan dan HPPB terlebih dahulu untuk membicarakan keberlangsungan aktifitas berjualan setiap Minggu pagi tersebut.

“Karena cukup banyak ada 500 pedagang ya, nanti kita bikin sistemnya seperti apa. Makanya kita perlu banget ketemu sama organisasinya. Kita ingin sesuai dengan prokes,” pungkasnya.

Padahal sebelumnya, Pengurus Pawon dan HPPB sudah melakukan pertemuan dengan para pembantu Walikota yakni Asda II Cilegon dan Disperindag.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: