Masyarakat Terdampak Covid-19 Akan Terima Rp 1 Juta

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon tengah melakukan pendataan warga yang terdampak wabah virus corona (Covid-19)....

Pendataan tersebut dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon terhadap masyarakat yang terdampak atau memiliki resiko sosial selama pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19.

Masyarakat yang terdampak tersebut, nantinya akan menerima bantuan Rp 1 juta melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS) atau Social Safety Net.

Kepala Dinsos Cilegon, Achmad Jubaedi mengatakan, pendataan dilakukan terhadap masyarakat terdampak baik masyarakat miskin yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan pekerja sektor informal (harian).

“Mereka yang terdampak akan terima bantuan sosial Rp 1 juta dengan pencairan tiga tahap selama tiga bulan, serta ada sembakonya juga” kata Jubaedi saat ditemui di Kantor Walikota Cilegon, Rabu (15/4/2020).

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid-19, kata Jubaedi, pemerintah daerah diminta melakukan pendataan warga terdampak.

Sebelumnya, pendataan tersebut dilakukan hingga Selasa 14 April 2020, namun diperpanjang hingga Jumat 17 April 2020.

Proses pendataan, kata Jubaedi, sedang dilakukan oleh RT dan RW di lingkungan masing-masing. Sebab, dengan adanya wabah Covid-19, resiko sosial seperti masyarakat miskin bisa bertambah.

“Data yang kami terima dari RT dan RW melalui kelurahan, akan diverifikasi dan validasi data oleh petugas kami agar bantuan benar-benar tepat sasaran. Kriteria penerima sesuai Permensos 20 tahun 2019,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: