Mantul, Aspal Pastik Mulai Digunakan di Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sampah plastik merupakan permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Namun kini sampah plastik sudah dimanfaatkan untuk bahan campuran aspal yang digunakan untul jalan.

Melalui kerjasama antara Pemkot Cilegon dengan PT Chandra Asri Petrochemical (CAP), aspal plastik telah resmi digunakan di Kota Cilegon, hal ini ditandai dengan peresmian dan penggelaran aspal plastik sepanjang 19 kilometer (KM) di Yayasan Al-Islah Cilegon oleh Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati, Senin (25/11/2019).

Dalam sambutannya, Ratu Ati memberikan apresiasi kepada PT CAP yang telah melahirkan inovasi aspal plastik untuk digunakan sebagai jalan. Pemanfaatan limbah plastik yang dijadikan sebagai bahan campuran aspal ini kedepan diharapkan dapat tersosialisasi dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada PT Chandra Asri, ini sangat bermanfaat serta bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Cilegon,” ujar Ratu Ati.

Dengan bantuan yang diberikan oleh PT CAP dalam bentuk pemeliharaan ruas jalan, lanjut Ratu Ati, merupakan bentuk kepedulian besar pihak industri kepada masyarakat Kota Cilegon.

“Karena ini kan sifatnya bantuan dari industri yang punya kepedulian terhadap jalan yang memang sudah kita usulkan untuk pemeliharaan. Pada prinsipnya selama limbah itu bisa digunakan dan pengolaannya baik, kemudian kita uji coba, kemudian berhasil. Kita berharap PT Chandra Asri bisa terus berkembang dengan baik, jadi bisa memberikan kemajuan untuk masyarakat Kota Cilegon,” tuturnya.

Sementara itu, melalui siaran pers tertulis, VP Corporate Relations, Suhat Miyarso, mengatakan PT CAP semakin memantapkan perannya sebagai mitra pertumbuhan bagi seluruh pemangku kepentingannya. Sebagai perusahaan petrokimia terintegrasi yang terbesar di Indonesia, bersama dengan Pemkot Cilegon meresmikan jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik, sebagai bentuk kerjasama dalam pengelolaan sampah plastik. Dalam penggarapan jalan aspal plastik yang tersebar di 34 titik ini, PT CAP memberikan dukungannya kepada Pemkot Cilegon melalui penyediaan 16.5 ton kantung plastik bekas atau sebesar 5-6%, dengan tipe High Density Polyethylene (HDPE) untuk campuran bahan aspal.

“Sejalan dengan tekad kami untuk menjadi partner pertumbuhan yang dapat diandalkan, kami bangga dapat terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur daerah bersama Pemkot Cilegon untuk implementasi jalan aspal dengan campuran sampah plastik,” paparnya.

Selain menjadi salah satu solusi dalam pengelolaan sampah plastik, campuran plastik pada aspal berdasarkan hasil penelitian Kemeterian PUPR, juga dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40% lebih kuat dibandingkan dengan aspal pada umumnya.

“Kolaborasi ini adalah wujud sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan private sector dalam mencari solusi yang tepat dan dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, serta guna bersama-sama menciptakan dampak yang positif untuk kota Cilegon,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: