Mantan Presiden Mesir Tutup Usia

BERITAKARYA.CO.ID - Mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak, yang berkuasa selama 30 tahun meninggal dunia hari ini Selasa (25/2/2020) dalam usia 91 tahun. ...
WAFAT: Hosni Mobarak/Foto Repro NET

Informasi tentang wafatnya Mubarak disiarkan oleh stasiun televisi milik Pemerintah Mesir. Ia menghembuskan nafasnya yang terakhir di sebuah rumah sakit di Kairo.

Mubarak adalah Presiden Mesir yang berkuasa dari tahun 1981 sampai 2011. Ia mengundurkan diri saat terjadi Revolusi di Mesir.

Sebelumnya, kata sang putra, Alaa Mubarak, ayahnya telah menjadi operasi pada dua pekan lalu. Tapi tidak dijelaskan rincian operasi tersebut.

Mubarak yang lahir di Kafr El Meselha pada 4 Mei 1928 merupakan Presiden Mesir paling lama, yaitu 1981 hingga 2011. Karir politiknya berkembang setelah ia naik pangkat di Angkatan Udara pada 1974. Di mana pada 1975, Mubarak kemudian ditunjuk menjadi wakil presiden.

Berselang enam tahun, Mubarak menggantikan Presiden Anwar Sadat yang terbunuh oleh kelompok radikal. Selama kekuasaannya, Mubarak dikenal sebagai seorang diktator dengan kewenangan yang luas atas negeri piramida tersebut.

Ia juga dikenal dengan sikap netralnya atas konflik Palestina-Israel. Tak ayal, Mubarak ikut menjadi “korban” Arab Spring yang dimulai pada 2010.

Fase kebangkitan dunia Arab itu ditandai dengan berbagai unjuk rasa untuk menurunkan rezim otoriter. Di Mesir, unjuk rasa terjadi selama 18 hari. Puncaknya pada 25 Januari 2011, di Tahrir Square. Hingga pada akhirnya, pada 11 Februari 2011, Mubarak mengundurkan diri.

Pengunduran diri itu diumumkan oleh wakilnya, Omar Suleiman. Seiring dengan kejatuhannya, berbagai kasus menimpa Mubarak dengan kedua anaknya, Alaa dan Gamal Mubarak.

Sembari menunggu peradilan, ketiganya ditahan sejak 2011. Mulai dari kasus korupsi, penyalahgunaan dana, hingga pembunuhan seorang demonstran. Pada 2015, kedua anaknya divonis tiga tahun. Namun pengadilan memutuskan untuk membebaskan keduanya karena vonis mereka telah dihabiskan selama masa tunggu.

Categories
Dunia

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: