Luar Biasa, Ini Lima Masterpiece Kota Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kota Cilegon sepanjang dua tahun terakhir menjelma menjadi kota yang semakin cantik dan ramah lingkungan.
Tugu Landmark Kota Cilegon/NET

Pemkot Cilegon berhasil menggoreskan tinta emas keberhasilan pembangunan. Bagaimana tidak, kota yang dipimpin oleh Tb Iman Ariyadi itu mampu menjelma menjadi kota yang semakin cantik.

Dua masterpiece yang mempercantik jalan protokol di Kota Cilegon adalah Tugu Landmark Cilegon di Simpang Tiga Cilegon. Tugu itu kini menjelma menjadi ruang publik yang cukup ramai. Ada banyak muda-mudi Cilegon terkonsentrasi di titik ini.

Tak jauh dari Tugu Landmark Cilegon, terdapan taman kota yakni Cilegon Boulevard di sisi kanan, dan Taman Ramah Anak di sisi lainnya. Dua taman kota yang berdekatan dengan Tugu Landmark Cilegon itu semakin menambah cantik wajah kota yang dulu terkenal gersang itu.

Setidaknya ada empat taman kota yang telah dibangun Pemkot Cilegon yakni Taman Cilegon Boulevard, Taman Jombang, Taman Ramah Anak, dan taman di sekitar Kantor Kejari Cilegon.

Empat taman yang mampu merubah wajah kota itu kini menjadi titik sentral pertemuan warga Kota Cilegon. Di sana terjadi interaksi antar warga, di sana juga anak-anak Kota Cilegon bermain dengan gembira.

Gerbang Kota Cilegon/NET

Masterpiece kedua adalah Gerbang Selamat Datang Cilegon. Gerbang yang berdiri megah dan tampak cantik di malam hari itu berada tak jauh dari exit tol Cilegon Timur.

Ibarat kata, gerbang ini menjadi kata sambutan selamat datang bagi siapa saja yang memasuki kota itu melalui jalur tol Cilegon Timur. Dengan warna cat yang mencolok, gerbang selamat datang ini juga dilengkapi lampu warna-warni yang akan menambah cantik wajah kota.

Masterpiece ketiga adalah stadion sepak bola yang terintegrasi dengan fasilitas olahraga lainnya. Fasilitas olahraga ini disebut Sport Center Kota Cilegon. Stadion sepak bola berstandar internasional ini akan menjadi stadion sepak bola termegah di Banten.

Sport Center Kota Cilegon/NET

Saat ini, proses pembangunan Sport Center Kota Cilegon masih dalam tahap penyelesaian. Menurut rencana, Sport Center Kota Cilegon dengan stadion sepak bola yang megah itu akan selesai dan diresmikan oleh presiden 2018 mendatang.

Masterpiece keempat adalah Alun-alun Kota Cilegon. Seperti stadion sepak bola, alun-alun yang akan dilengkapi air mancur super megah ini ditarget selesai pada 2018 mendatang.

Walikota Cilegon yang juga Ketua DPD Golkar Kota Cilegon, Tb Iman Ariyadi sangat bersemangat membangun alun-alun kota itu. Dia bahkan sudah melakukan studi ke berbagai kota untuk mencari inspirasi bentuk dan penataan alun-alun yang akan dibangun itu.

Masterpiece kelima adalah Pelabuhan Daerah Kota Cilegon. Pelabuhan yang peletakkan batu pertamanya akan dilakukan Maret 2017 itu akan menjadi satu-satunya pelabuhan milik daerah di Banten dan Indonesia.

Ilustrasi Pelabuhan dengan terminal AWT/NET

Yang paling keren, Pelabuhan Daerah Kota Cilegon dirancang menjadi pelabuhan modern dimana fasilitasnya dibangun menjadi terminal in door segala cuaca atau dalam bahasa kepelabuhanan disebut dengan All Weather Terminal (AWT).

Pelabuhan Daerah Kota Cilegon ini bisa dikatakan sebagai dewanya masterpiece. Sebab efek dari keberadaan Pelabuhan Daerah Kota Cilegon ini akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat, penyerapan tenaga kerja, serta akan menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Walikota Cilegon yang juga Ketua SOKSI Banten, Tb Iman Ariyadi sadar bahwa wilayah yang dipimpinnya tidak memiliki sumber daya alam yang cukup, sehingga harus berinovasi untuk menciptakan sumber PAD.

Ilustrasi pelabuhan dengan sistem AWT/NET

Karenanya, sumber daya buatan menjadi maha penting agar kota yang setengah wilayahnya terdiri dari industri padat modal itu bisa hidup dan mandiri. Pelabuhan Daerah Kota Cilegon adalah wujud dari inovasi yang dilakukan Pemkot Cilegon yang tentu saja harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pelabuhan Daerah Kota Cilegon yang akan berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 45 hektar itu akan menjelma menjadi pelabuhan megah dengan infrastruktur pendukung yang cukup lengkap.

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: