Lomba Cipta Menu Upaya Back to Nature

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Sedikitnya 30 peserta dari sejumlah organisasi perempuan se Kota Cilegon berpartisipasi dalam lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, Jumat...
Beginilah suasana lomba cipta menu di Kota Cilegon/beritakarya.co.id
BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Sedikitnya 30 peserta dari sejumlah organisasi perempuan se Kota Cilegon berpartisipasi dalam lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, Jumat (21/4/2017) tadi.
Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon itu digelar di Rumah Dinas Walikota Cilegon.
Pada kesempatan itu, para peserta memamerkan menu makanan bergizi non-beras dan non-terigu, seperti ubi, jagung, singkong dan dari bahan pangan lokal lainnya.
Kepala Bidang Konsumsi dan Ketahanan Pangan pada DKPP Cilegon, Lilit Basuki mengatakan, lomba tersebut merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat, serta upaya melatih kemampuan ibu-ibu dalam menyediakan makanan yang berkualitas B2SA bagi anggota keluarga.
“Tidak hanya untuk meningkatkan ketahanan pangan, tetapi juga membudayakan kembali menu makanan non terigu dan non beras, seperti ubi-ubian, singkong, sukun, pisang, sayur-sayuran, buah-buahan, ikan dan daging. Semua jenis pangan tersebut merupakan komoditas yang dapat diusahakan sendiri di pekarangan rumah,” katanya.
Menurutnya, mengonsumsi menu makanan lokal memiliki nilai gizi lebih baik dari pada beras.
“Beras kan memiliki nilai kandungan gulanya cukup tinggi, jadi masyarakat harus memperhatikan juga nilai kandungan gizinya,” ungkapnya.
Sementara itu, Kasie Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan DKPP Cilegon, Jasmani menjelaskan, pada lomba itu diikuti oleh PKK Kecamatan dan Kelurahan, Kelompok Wanita Tani (KWT) Se Kota Cilegon.
“Juara lomba ini nantinya akan mewakili di tingkat Provinsi bahkan tingkat nasional,” jelasnya.

Reporter: A Firdaus

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: