Lokasi Wisata Banten Ditutup, Petugas Mulai Balik Arah Kendaraan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kendaraan yang hendak menuju wisata Pantai Anyer terpaksa harus berbalik arah kembali ke tempat asalnya....

Petugas gabungan dari TNI, Polisi dan Dinas Perhubungan Cilegon, terpaksa harus memutarbalikkan kendaraan yang melalui Pos Pengamanan (Pos Pam) Ciwandan.

Petugas melakukan penyekatan kendaraan yang hendak menuju wisata Pantai Anyer tersebut lantaran adanya Instruksi Gubernur Banten untuk menutup sementara seluruh destinasi wisata sampai dengan 30 Mei 2021.

“Kita dapat informasinya dari pagi, kemudian terhitung sejak tanggal 15 sampai 30 Mei 2021, seluruh tempat wisata di wilayah Provinsi Banten ditutup. Itulah yang menjadi dasar kita melakukan penyekatan,” kata Kapolsek Ciwandan, AKP Ali Rahman saat ditemui di Pos Pam Ciwandan, Minggu (16/5/2021).

AKP Ali Rahman menuturkan, petugas akan memutarbalikkan seluruh kendaraan yang hendak menuju lokasi wisata Anyer, kecuali bagi orang-orang yang berkepentingan khusus atau masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

“Pasti diputarbalikkan. Kecuali dia bisa menunjukkan KTP bahwa dia orang Anyer atau bekerja di sekitaran Ciwandan dan Anyer,” tuturnya.

Pantauan wartawan Beritakarya.co.id, pada penyekatan tersebut petugas hanya memutarbalikkan kendaraan roda empat yang menuju ke lokasi wisata Anyer.

AKP Ali mengatakan, untuk kendaraan roda dua yang masih menerobos ke arah Pantai Anyer akan difiltrasi oleh petugas yang berjaga di lokasi pantai.

“Cuma nanti di masing-masing pantai sudah ditutup. Nanti filtrasinya langsung on the spot, lokasi wisata ditutup semua baik R4 maupun R2. Kita di sini ngurangin R4,” ujarnya.

Sementara, untuk pengunjung yang telah masuk ke lokasi wisata pantai, kata AKP Ali, akan diberikan imbauan oleh petugas untuk segera keluar dan meninggalkan lokasi wisata.

“Jadi bukan hanya ditutup saja, yang udah masuk dikeluarkan, dikasih tenggang waktu. Yang tidak mau keluar akan dikunci sekalian kita inapkan sampai besok juga gak bakal bisa pulang,” imbuhnya.

Untuk itu, AKP Ali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurungkan niatnya pergi ke destinasi wisata dan mematuhi instruksi dan ketetapan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jangan memaksa, silakan dimanfaatkan waktunya, cari opsi liburan lain yang lebih bermanfaat, tepat guna, dan tepat waktu dibandingkan memaksa ke Pantai Anyer kemudian waktunya habis di sepanjang jalan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Gubernur Banten, Wahidin Halim telah mengeluarkan Instruksi Gubernur, Nomor: 556/901-DISPAR/2021, tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 di Provinsi Banten.

Instruksi tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil monitoring kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata pada 14-15 Mei 2021 yang memenuhi lokasi wisata dan dapat menimbulkan resiko meningkatnya penyebaran Covid-19 di Banten.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: