Libur Nataru, Truk Dilarang Melintas di Pelabuhan Merak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Untuk memperlancar arus kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru), sejumlah kendaraan truk barang dilarang beroperasi masuk ke Pelabuhan Merak Banten.
Suasana Demaga Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak/Beritakarya.co.id

Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman mengatakan, larangan melintas bagi kendaraan truk pengangkut barang tersebut dibagi menjadi tiga tahap yakni pada 20-21 Desember saat arus mudik Natal, 25 Desember pada saat Natal, dan 31 Desember 2019-1 Januari 2020 pada saat arus balik Natal.

“Yang boleh melintas itu hanya truk yang memuat sembako, bahan pangan, BBM, dan yang untuk keperluan Natal dan Tahun Baru saja. Berlaku mulai pukul 00.00 WIB pada setiap tanggalnya,” tutur AKP Ali saat ditemui di Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak, Jumat (20/12/2019).

Sementara, Kepala BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten Nurhadi Unggul menyampaikan, berdasarkan evaluasi data dari tahun sebelumnya. Pada libur Natal dan tahun baru puncaknya terjadi jelang akhir pekan atau Jum’at malam pada saat selesai aktifitas kerja.

“Dimana, berdasarkan data tahun 2018 ada diatas 2.500 kendaraan truk yang masuk ke kapal di Pelabuhan Merak Banten.  Maka dari itu, perlu dilakukannya larang beroperasi truk barang tersebut,” katanya.

Meski demikian, larangan itu bersifat situasional apabila arus kendaraan lancar maka kendaraan truk barang tersebut dapat beroperasi. Melalui seleksi yang dilakukan oleh petugas kepolisian.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: