Lantik 215 Pegawai, Pemkot Cilegon Masih Kekurangan PNS

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2018 resmi dilantik dan diambil sumpah janji sebagai PNS oleh Walikota Cilegon, Edi Ariadi di Aula Gedung DKISS Cilegon, Selasa...
Sumpah Janji PNS
PNS Pemkot Cilegon Formasi 2018 saat diambil sumpah janji di Aula Gedung Diskominfo Cilegon/Beritakarya.co.id

Pengambilan sumpah janji tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati, Sekda Cilegon, Sari Suryati, dan Kepala OPD di Lingkungan Kerja Pemkot Cilegon.

Setelah mengabdi selama satu tahun sebagai CPNS, sebanyak 215 pegawai resmi menjadi PNS di lingkungan kerja Pemkot Cilegon.

“Ini kan hak PNS, dimana dia sudah mengikuti diklat, sudah 100 persen satu tahun, jadi haknya saya berikan, dengan melalui sumpah janji, jadi nanti gajinya engga 80 persen lagi, 100 persen,” kata Edi usai pengambilan sumpah janji.

Dengan jumlah PNS yang ada saat ini, kata Edi, Pemkot Cilegon masih banyak membutuhkan pegawai untuk mengisi formasi yang masih kosong ditiap organisasi perangkat daerah (OPD).

“Belum, buktinya kita ada lagi nanti mau rekrutmen, tapi kan belum ada kapan-kapannya itu,” ujarnya.

Ditempat yang sama, kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Cilegon, Heri Mardiana mengatakan, dari 215 PNS yang dilantik, diantaranya tenaga kesehatan 115 pegawai, tenaga pengajar 85 pegawai dan tenaga teknis 15 pegawai.

“Kan ini formasi 2018, dari CPNS mereka bekerja, ikut latsar (latihan dasar), baru mereka full jadi 100 persen. Jadi mereka sudah mengisi formasi-formasi sesuai dengan kebutuhan kita,” kata Heri.

Saat ini PNS yang ada di Pemkot Cilegon sebanyak 4.985 pegawai, namun jumlah tersebut belum memenuhi seluruh kebutuhan pegawai.

Heri menjelaskan, jika merunut pada kebutuhan sesuai analisis beban kerja, Pemkot Cilegon membutuhkan sekitar 7.000 PNS, dimana dari jumlah yang ada sekarang, masih kurang sekitar 3.000 pegawai.

“Masih banyak Pemkot Cilegon membutuhkan formasi sesuai jabatan yang ada. Apalagi sekarang IT sudah harus, jadi masih banyak tenaga teknis pun kita masih butuh. Tapi tetap itu kewenangan Kemenpan RB, kita hanya mengajukan saja,” tuturnya.

Untuk diketahui, pada penerimaan CPNS tahun 2019, dari formasi yang diajukan, Pemkot Cilegon mendapatkan kuota sebanyak 183 pegawai.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: