Kunjungan Kapal Turun 10 Persen, PCM Tetap Raup Keuntungan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kunjungan kapal ke PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) dalam kurun waktu satu tahun terakhir berkurang hingga kurang lebih 10 persen....

Pengaruh ekonomi global dan perang dagang menjadi salah satu penyebab berkurangnya kunjungan kapal dari luar negeri ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Cilegon.

Namun dengan adanya fluktuasi kurs mata uang dan efisiensi operasional pelabuhan, serta kerjasama yang baik dengan vendor, PCM tetap meraup keuntungan.

“Sehingga tetap kita bisa memperoleh laba, dari pada tahun yang lalu lebih bagus, kemarin 31 miliar, sekarang 36 miliar,” kata Walikota Cilegon, Edi Ariadi usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tertutup disalah satu hotel di Cilegon, Jumat (20/3/2020).

Dengan keuntungan yang telah dicapai, Edi berharap PCM tetap meningkatkan pendapatan setiap tahunnya.

Dari target defiden sekitar Rp. 6,5 miliar, pada tahun ini PT PCM dapat memberikan pemasukan ke kas daerah sebesar hampir Rp. 8 miliar.

“Harus bagaimana caranya, mereka operasionalnya lebih bagus. Defidennya hampir 8 miliar, melebihi (target),” ujar Edi.

Edi juga mengatakan, bisnis pelabuhan tidak terlepas dari pengaruh ekonomi global, selain perang dagang, dampak dengan mewabahnya virus corona juga dapat mempengaruhi pendapatan.

“Jadi bisnis pelabuhan tidak terlepas dari pengaruh global ekonomi,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT PCM, Akmal Firmansyah mengatakan, selain dampak perang dagang, dampak yang ditimbulkan akibat mewabahnya Covid-19, mulai mempengaruhi bisnis pelabuhan.

Dari kunjungan kapal, lanjut Akmal, yang mencapai lebih dari 1.000 kapal pertahun, pada tahun ini berkurang hingga kurang lebih 150 kapal.

“Kunjungan kapal luar negeri itu berkurang ke perairan banten itu hampir 10 persen, kemaren dampak perang dagang,” kata Akmal.

Akmal mengatakan, efisiensi dalam operasional di PCM, salah satunya dengan mengurangi penggunaan bahan bakar, merupakan strategi untuk tetap memperoleh laba.

“Pendapatan (kunjungan kapal, red) berkurang, tetapi kita melakukan efesiensi dalam penggunaan tagboat dan bahan bakar. Sehingga laba kita tetap diatas,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonIndustri

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: