KRAKATAU POSCO Serahkan Gedung Pusat Pembelajaran Masyarakat ke Pemkot Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Bertepatan dengan HUT ke-23 Kota Cilegon, KRAKATAU POSCO menyerahkan secara simbolis gedung pusat pembelajaran masyarakat yang telah berhasil dituntaskan oleh Habitat for Humanity Indonesia dan Kontraktor...

Dengan diserahkannya gedung pusat pembelajaran masyarakat itu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Cilegon khususnya dalam bidang pendidikan pelatihan dan keterampilan warga.

Gedung yang mulai dibangun pada 5 Oktober 2021 dan diselesaikan selama kurun waktu enam bulan itu merupakan persembahan bagi pemerintah dan warga Kota Cilegon khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Ciwandan.
 
Peresmian gedung ini secara simbolis dilakukan oleh Walikota Cilegon, didampingi Presiden Direktur KRAKATAU POSCO, Habitat Indonesia, dan warga setempat.

Beberapa program pelatihan keterampilan sesuai dengan kebutuhan warga siap dilaksanakan di gedung yang diberi nama GRAHA POSCO Community Learning Center tersebut.
 
Selain menyerahkan gedung baru bagi pendidikan dan pelatihan keterampilan warga, guna meningkatkan kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan warga Cilegon, POSCO sebagai pemegang saham KRAKATAU POSCO bermitra dengan Habitat for Humanity Indonesia mengadakan program Holistic Community Development, POSCO Steel Village.

Program tersebut berupa program pengadaan berbagai fasilitas layanan masyarakat yang mencakup permukiman, pendidikan, dan dukungan.

Dimulai sejak tiga tahun lalu, yakni Januari 2018, program ini akhirnya dirampungkan pada April 2022. 
 
Melalui sebuah seremoni serah-terima yang digelar pada 28 April 2022 di Kota Cilegon, orogram yang diserahkan secara simbolis itu antara lain pembangunan 25 rumah baru layak huni, 30 toilet keluarga, 3 sekolah, penyediaan 1 bank sampah.

Salain itu, pembangunan 1 Gedung GRAHA POSCO Community Learning Center, pelatihan pengelolaan sampah, dan pelatihan peningkatan pendapatan.

Semua fasilitas tersebut diberikan setelah melakukan pendekatan berbasis masyarakat dan pemerintahan setempat guna memastikan bahwa bantuan diberikan secara efektif dan efisien.

Program pengembangan masyarakat itu sukses menjangkau 550 orang di Kota Cilegon yang berasal dari 2 kecamatan yakni Citangkil dan Ciwandan, dan 3 kelurahan yakni Samangraya, Tegalratu, dan Kubangsari. 
 
Presiden Direktur KRAKATAU POSCO, Kim Kwang Moo menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang bekerjasama sehingga proyek Steel Village yang termasuk sebagai bagian dari implementasi filosofi Corporate Citizenship dengan semangat “with POSCO” ini dapat berjalan dengan baik.

Dia berharap apa yang telah dilakukan KRAKATAU POSCO itu mendatangkan kebermanfaatan bagi warga Kota Cilegon secara berkelanjutan.
 
“GRAHA POSCO Community Learning Center ini diharapkan dapat memenuhi peran strategisnya untuk membuat perubahan dalam perilaku masyarakat untuk mendukung pengembangan berkelanjutan di Kota Cilegon,” kata Kim Kwang Moo.

Kelak di sana akan diselenggarakan berbagai program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat yang berguna untuk menghadapi tantangan sosial-ekonomi.
 
Untuk diketahui, program tersebut merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang inklusif.

Setiap intervensi yang dilakukan mampu menyentuh beberapa poin upaya pencapaian SDG’s yakni poin 4 kualitas pendidikan, 6 air bersih dan sanitasi, serta 11 kota dan pemukiman yang berkelanjutan.
 
Pelaksanaan program yang melibatkan masyarakat secara langsung dari hulu ke hilir itu diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepemilikan dan tanggung jawab pada masyarakat untuk menjaga fasilitas yang telah dipersembahkan.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengapresiasi bantuan KRAKATAU POSCO tersebut.

Iffan Gondrong

Categories
Industri

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: