KPU Cilegon Data Orang Gila untuk Masuk DPT

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Orang gila atau tunagrahita disabilitas mental didata oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon. Mereka didata untuk masuk dalam daftar pemilih Pemilu 2019. Pendataan terhadap orang gila itu melibatkan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Disdukcapil.
Ilustrasi/NET

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, KPU Cilegon sedang melakukan pendataan terhadap pemilih tunagrahita untuk dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Yang kita (KPU, red) data bukan orang gila yang adadi jalan-jalan lho. Tapi mereka yang sudah mendapatkan surat keterangan dari ahli bahwa yang bersangkutan benar-benar permanen,” kata Irfan, Kamis (22/11/2018).

Ketua KPU Cilegon mengatakan bahwa tunagrahita juga memiliki hak yang sama dengan orang normal lainnya untuk bisa mengikuti Pemilu 2019.

“Kita menganggap mereka memiliki hak yang sama. Jangan dipandang bahwa gangguan kejiwaan sebagai kekurangan untuk menerima hak dan martabatnya sebagai pemilih. Kalau mereka itu masih bisa diklakson berarti mereka belum bisa disebut orang gila,” ujar Irfan.

Masih kata Irfan, orang dengan gangguan kejiwaan itubisa mengikuti pemilu dan bisa mencoblos. Oleh karena itu, pihaknya saat ini masih memproses pendataan warga dengan gangguan kejiwaan.

“Untuk masalah teknis pencoblosan kita masih belum bahas detailnya seperti apa. Ini masih dalam proses pendataan dulu,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: