KPU Cilegon Ajak Wartawan Tangkal Berita Hoaks dan Tingkatkan Partipasi Masyarakat

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - KPU Cilegon mengajak insan pers ikut berperan dalam menangkal pemberitaan hoax yang kerap dan berpotensi muncul di Pemilu 2024 mendatang....
KPU Cilegon
KPU Cilegon ajak wartawan tangkal berita hoax

Kepala Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kota Cilegon, Patchurrohman menilai, berita hoaks dapat menyebabkan terganggunya kedaulatan rakyat.

“Hoaks ini adalah hal yang diproduksi. Ada istilah KPU curang lah, kotak kardus lah dan masih banyak yang lainnya. Alhamdulillah berkat bantuan awak media berita hoaks itu dapat diatasi dengan baik,” katanya dalam sambutan di acara Pojok Hukum:Sesi Diskusi 1 dengan tema ‘Peran Strategis dalam Menangkal Isu Hoaks pada Pemilu 20224″, Selasa 28 Juni 2022.

Selain mengajak untuk menangkal pemberitaan hoaks, KPU Kota Cilegon juga mengajak awak media untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

Prlu diketahui, pada Pilpres dan Pileg 2019 serta Pilkada 2020 beberapa waktu lalu, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 90 persen.

Hal senada disampaikan Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono. Menurutnya, untuk mencegah peredaran pemberitaan hoaks KPU tidak bisa melakukannya sendiri, melainkan butuh kerjasama dari berbagai pihak salah satunya awak media.

“Jadi untuk mencegah atau menangkal hoaks itu tidak bisa hanya salah satu instansi, salah satu unsur saja melainkan harus bersama-sama,” ucapnya.

Berdasarkan pengalaman, kata AKBP Sigit, pemberitaan negatif yang belum tentu kebenarannya terkait pasangan calon dalam Pemilu sering digunakan untuk mendulang suara.

“Setelah didapat dibikin beritanya dengan akun-akun yang kira-kira tidak bisa dilacak dengan cara bagaimanapun, menurut mereka itu efektif digunakan untuk menyerang. Kalau di medsos itu berkeliaran kemarin,” ujarnya.

Untuk menangkal pemberitaan yang membuat masyarakat terpecah belah dan tidak kondusif, langkah paling cepat yang dilakukan oleh kepolisian adalah dengan menutup akun tersebut.

“Kita pastikan yang paling cepat dan paling gampang dilakukan kepolisian adalah men-take down,” katanya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: