KPU Belum Terima Surat Suara Pilkada Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilegon hingga saat ini belum terima surat suara....
Ilustrasi Kantor KPU Cilegon
Ilustrasi Kantor KPU Cilegon

Padahal, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilegon akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 atau terhitung kurang dari 2 minggu.

Selain surat suara, KPU Cilegon juga mengaku belum menerima formulir dan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) lainnya dari KPU Pusat.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan, Umum dan Logistik pada KPU Cilegon, Ahmad Yusuf mengatakan, belum dikirimnya sejumlah logistik tersebut, lantaran pengiriman yang dilakukan secara bertahap.

“Kami baru menerima logistik seperti kotak suara, bilik suara, tinta, segel dan daftar pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Cilegon,” katanya, Kamis (26/11/2020).

Dia menjelaskan, karena Pilkada tahun ini berada ditengah Pandemi Covid-19, pendistribusian yang pertama di kirim dari KPU Pusat yakni alat pelindung diri (APD) untuk petugas yang berada di TPS. 

“Rencananya KPU Cilegon minggu ini akan mendistribusikan sejumlah logistik yang sudah diterima ke pihak Kecamatan yang ada di Cilegon dengan menggunakan kendaraan truck dan dikawal oleh pihak kepolisian dan badan pengawas pemilu (Bawaslu),” jelasnya. 

Ia juga menyampaikan, sejumlah logistik yang belum diterima KPU Cilegon tersebut rencananya akan dikirim dari pusat pada 30 November mendatang.

Namun, kata dia, satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, semua logistik untuk Pilkada Cilegon dipastikan telah didistribusikan ke semua TPS yang ada di Cilegon. 

“Pendistribusian logistik untuk Pilkada Cilegon, secara umum tidak ada kendala lantaran secara wilayah jarak TPS berdekatan. Namun, faktor cuaca saja yang harus diantisipasi karena saat ini tengah musim penghujan,” tuturnya. 

Ditemui terpisah, Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, logistik yang saat ini telah diterima sudah mulai didistribusikan ke setiap kecamatan yang ada di Cilegon.

“Kita sudah melakukan pergeseran kotak dan bilik ke kecamatan sambil nanti kita menunggu surat suara yang rencananya hari ini kita juga akan ke Jakarta untuk melakukan pengecekan percetakan surat suara. Surat suara mungkin akan dicetak hari ini, mungkin satu hari selesai, langsung kita distribusi,” katanya.

Irfan juga mengatakan, KPU menargetkan pendistribusian logistik sudah selesai dilakukan satu hari sebelum pemilihan.

“Target distribusi satu hari sebelum pemungutan suara itu sudah ready semua di masing-masing TPS. Kalau mengantisipasi kerusakan sudah ada SOP dan juknis terkait dengan pelaksanaan pengamanan logistik,” pungkasnya.

Diketahui, pada Pilkada Cilegon 2020 ini terdapat sebanyak 784 TPS yang tersebar di 8 kecamatan yang ada di Kota Cilegon.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: