Komisi III Sentil Rangkap Jabatan Sekda Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sekda Cilegon, Maman Mauludin yang merangkap sebagai Kepala BPKAD diam-diam menjadi perhatian Sekretaris Komisi III DPRD Cilegon, Ayatullah Khumaeni. Ia menilai, rangkap jabatan itu kurang elok....

Politisi Partai Golkar itu berpendapat, rangkap jabatan Maman sebagai Plt Kepala BPKAD yang merupakan OPD yang dijabat Maman sebelum menjadi Sekda Cilegon akan memberi kesan negatif.

“Saya menilainya seperti itu. Dulu Pak Maman sebagai Kepala BPKAD, sekarang jadi Sekda Cilegon tapi masih merangkap di BPKAD. Kesannya gimana gitu, ada kesan seolah tidak mau melepas, padahal mungkin tidak seperti itu,” kata Ayat, Rabu (19/5/2021).

Sekda, lanjut Ayat, merupakan komandan para ASN yang tentu saja mobilitasnya tinggi. Rangkap jabatan sebagai Plt Kepala BPKAD dikhawatirkan mengganggu.

“Menurut saya sejatinya Pak Maman melepas jabatan sebagai Plt Kepala BPKAD setelah dilantik sebagai Sekda Cilegon. Berikan kesempatan kepada pejabat lain,” kata Ayat.

Posisi Kepala BPKAD yang masih dijabat Maman Mauludin, lanjutnya, bisa jadi dianggap mengganjal peluang pejabat lain yang punya kompetensi untuk duduk di OPD tersebut. Dan itu, lanjutnya, akan menimbulkan kecemburuan di antara pejabat.

“Bagusnya sih dilepas aja serahkan ke pejabat lain. Toh masih banyak pejabat yang kompeten. Mau milih mana, mau jadi Sekda apa Kepala BPKAD,” ujarnya.

Anggota Komisi III lainnya, Rahmatullah juga menyarankan hal yang sama. Menurut Rahmatullah sebaiknya Maman Mauludin legowo melepas jabatan di BPKAD dan menyerahkan tongkat estafet kepada pejabat lain berdasarkan arahan walikota.

“Tentunya pejabat yang mumpuni dalam mengelola keuangan daerah. Harus SDM yang handal dan tidak korup,” kata Rahmatullah.

Ia menambahkan, jika pada saatnya nanti kursi Kepala DPKAD itu dilelang, walikota harus bisa memberi target maksimal sehingga bisa meningkatkan PAD.

“Jangan standar kaya gini-gini aja. Sebab di BPKAD itu ada UP 5 persen dari pendapatan,” pungkasnya.

Terpisah, Walikota Cilegon, Helldy Agustian saat dikonfirmasi tidak banyak bicara. Ia hanya menjawab bahwa sebentar lagi ada mutasi.

“Bentar lagi ada pergantian, ada mutasi,” kata Helldy Agustian.

Helldy bahkan memberi bocoran bahwa proses mutasi sedang diusulkan dan masih dalam proses.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: