KM Mutiara Persada III Terbakar di Dekat Pulau Tunda

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG – Kapal Motor (KM) Mutiara Persada III jurusan Pelabuhan Tanjung Priuk-Pelabuhan Panjang Lampung dengan penumpang 76 orang dan kru kapal 30 terbakar di koordinat 05° 49′ 004″...
KM Mutiara Persada/Ilustrasi/NET
BERITAKARYA.CO.ID, SERANG – Kapal Motor (KM) Mutiara Persada III jurusan Pelabuhan Tanjung Priuk-Pelabuhan Panjang Lampung dengan penumpang 76 orang dan kru kapal 30 terbakar di koordinat 05° 49′ 004″ S – 106° 17′ 42″ E (Tenggara Pulau Tunda, red), Kabupaten Serang, Banten.
Peristiwa itu terjadi pada Minggu (9/4/2017) malam sekitar pukul 21.22 WIB. Kepulan asap terlihat dari dalam kapal yang diduga berasal dari mobil box yang pecah ban kemudian muncul percikan api.
“Pukul 01.00 WIB tadi pagi itu info kapal sudah dipadamkan apinya dan tahap pendinginan oleha kru yang di KM Mutiara Persada III sekitar pukul 03.00 WIB dinihari, karena angin cukup kencang kru melihat masih ada api yang membesar, beruntung penumpang sudah berada di anjungan depan. Jadi sudah berada di titik kumpul,” kata Kepala Pos SAR Banten, Heru saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2017).
Mobil box yang menjadi awal mula munculnya percikan api tersebut juga ikut menghanguskan tiga mobil yang berada di dekatnya. Mobil tersebut berada di cardeck paling bawah.
Seluruh penumpang KM Mutiara Persada III yang terbakar di perairan Banten dibawa kembali ke Pelabuhan Panjang, Lampung. Mereka dibawa menggunakan KM Mutiara Timur I.
Evakuasi penumpang dilakukan pada pukul 06.00 WIB dengan cara dipindahkan ke KMP Mutiara Timur I. Tak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah terbakarnya kapal tersebut.
“Semua penumpang sudah dievakuasi dan akan dibawa kembali ke Panjang dengan KM MUTIARA TIMUR I. Seluruh penumpang yang ada di kapal dalam keadaan selamat tanpa luka dan korban jiwa,” kata Kepala Pos SAR Banten, Heru saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2017).
Heru melanjutkan, api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 07.00 WIB dan hanya tersisa kepulan asap. Sementara crew kapal 11 orang dan nahkoda masih berada di atas kapal.
“Sekarang masih proses pendinginan, KM Mutiara Persada III masih berada di TKP, di Pulau tunda itu,” lanjutnya.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Serang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: