KKP Banten Syaratkan Sertifikat Vaksin Bagi Penumpang di Pelabuhan Merak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten usulkan syarat pembelian tiket penyeberangan di Pelabuhan Merak untuk menyertakan sertifikat vaksinasi Covid-19....

Kepala KKP Banten dr Sedya Dwisangka mengatakan, usulan tersebut disampaikan dalam rapat virtual bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat pada Kementerian Perhubungan, untuk mendukung pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang dimulai pada 3-20 Juli 2021.

“Tadi kita rapatkan dengan Dirjen Perhubungan Darat, syarat pembelian tiket harus menyertakan sertifikat vaksinasi,” kata dr Sedya kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

dr Sedya berharap, dengan persyaratan tersebut, masyarakat yang melakukan perjalanan terutama yang akan melintas melalui pelabuhan dapat tersaring, sehingga mengurangi tingkat penyebaran Covid-19.

Calon penumpang yang telah membeli tiket dan akan menyeberang melalui pelabuhan, lanjut dr Sedya, nantinya akan diminta verifikasi sertifikat vaksinasi oleh petugas.

“Verifikasi nanti bisa oleh KKP, bisa juga dari pramugari pihak ASDP,” ujarnya.

Dengan diberlakukannya PPKM Darurat tersebut, dr Sedya mengimbau masyarakat untuk sementara waktu agar tidak melakukan perjalanan keluar daerah.

“Harapannya memang yang melakukan perjalanan sesuai dengan amanat PPKM Darurat itu adalah yang memang benar-benar urgent (penting). Karena keberhasilan PPKM Darurat ini tegantung dari masyarakat kita, mau di rumah apa engga. Kalau masih ada yang jalan, penularan masih akan terjadi,” tuturnya.

Sementara itu, Manajer SDM dan Umum PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Justan Gaffaru menegaskan, agar penumpang memperhatikan persyaratan yang diberlakukan selama PPKM Darurat.

Dimana, kata Justan, calon penumpang yang akan menyeberang harus memenuhi dua syarat pokok yakni memiliki sertifikat vaksinasi dan menunjukkan hasil tes Antigen atau PCR.

“Harus ada dua persyaratan pokok itu, sertifikat vaksin dan antigen atau PCR. Jadi (untuk pembelian tiket online) pada saat masuk sistem Ferizy itu pasti akan muncul persyaratan,” katanya.

Terkait dengan penumpang yang tetap memaksakan untuk beli tiket secara langsung di loket pelabuhan, lanjut Justan, tetap harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan selama PPKM Darurat.

“Kalau pengamanan kan ada di Satgas, kalau yang tidak memenuhi syarat, kami menyerahkan sepenuhnya ke Satgas,” ujarnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Banten

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: