Kerjasama PT PCM dengan PT Bosowa Sangat Tepat

BERITAKARYA.CO.ID, MAKASSAR - Langkah PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) menggandeng PT Bosowa boleh jadi sebagai langkah yang paling tepat dan strategis.
Walikota dan Wakil Walkota beserta jajaran PT PCM berfoto bersama di lokasi pelabuhan di PLTU Jeneponto/beritakarya.co.id

Sebab, PT Bosowa bukan hanya sebagai pabrik semen seperti yang dikenal oleh sebagian besar masyarakat Cilegon dan Banten. Holding yang dipimpin oleh Erwin Aksa itu ternyata memiliki sedikitnya 6 pelabuhan yang terletak di Sulawesi Selatan dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain memiliki 6 pelabuhan, PT Bosowa juga memiliki unit pembangkit listrik (PLTU) yang terletak di wilayah Jeneponto, Sulawesi Selatan, juga terminal gas elpiji di wilayah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Rombongan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon serta Direksi PT PCM yang datang ke Makassar, Sulawesi Selatan atas undangan pihak PT Bosowa, diajak ke beberapa pelabuhan milik PT Bosowa dan perusahaan lain dibawah bendera PT Bosowa.

Tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (4/3/2017) rombongan pertama kali dibawa ke PLTU Jeneponto. Meski dikawal polisi yang disiapkan pihak PT Bosowa, perjalanan romboingan walikota dari Makassar ke lokasi memakan waktu selama 4 jam.

PLTU Jeneponto dibawah holding PT Bosowa juga dilengkapi pelabuhan curah dengan tiga crane. Saat rombongan datang, di Pelabuhan PLTU Jeneponto, sebuah kapal berukuran cukup besar sedang bongkar muat batu bara.

Kunjungan selanjutnya, Mingg (5/3/2017), rombongan diajak melihat dari dekat Terminal Gas Elpiji dibawah holding PT Bosowa di Kabupaten Maros. Di terminal gas ini juga dilengkapi pelabuhan sendiri.

Di terminal ini, rombongan juga sempat melihat dari dekat lokasi terminal gas yang dilengkapi empat penyimpanan gas dengan berkapasitas 25.000 metrik ton per tabung penyimpanan.

Setelah itu, rombongan bertolak ke Kabupaten Baru, Sulawesi Selatan untuk melihat pelabuhan curah yang masih dalam proses pembangunan. Perjalanan menuju pelabuhan yang terletak di Kabupaten Baru itu membutuhkan waktu 3 setengah jam.

Sebenarnya masih ada satu perusahaan lagi yang akan ditinjau, namun karena waktu sudah sore, maka kunjungan dibatalkan.

Dari hasil kunjungan ke beberapa perusahaan di bawah holding PT Bosowa, terutama ke beberapa pelabuhan yang dibangun PT Bosowa, maka bisa dipastikan langkah PT PCM menggandeng PT Bosowa sangat tepat.

Holding company milik keluarga besar Aksa Mahmud itu bukan perusahaan kecil, tetapi perusahaan super besar dengan pelabuhan-pelabuihan yang juga besar.

Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi mengaku semakin dengan rencana pembangunan Pelabuhan Kota Cilegon hasil joint antara PT PCM dengan PT Bosowa.

“Yang ada dalam benak masyarakat kita kan PT Bosowa itu hanya pabrik semen, padahal kan kenyataannya lebih dari itu. Mereka punya 6 pelabuhan yang dibangun sendiri untuk mendukung perusahaan lain di bawah holding PT Bosowa. Saya makin yakin setelah melihat langsung,” kata Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi, Minggu (5/3/2017).

Hal senada juga dikatakan Direktur PT PCM, Jamhari. Mantan Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) itu. Jamhari optimis kerjasama PT PCM dengan PT Bosowa akan saling menguntungkan.

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Nasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: