Kerap Banjir, Lurah Ajak Warga Ramanuju Bersihkan Saluran Air

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemerintah Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta ajak warga di lingkungannya untuk gotong royong....

Lurah Ramanuju, Amin Hidayat mengatakan, Ia mengajak seluruh warganya untuk membersihkan lingkungan, terutama saluran air agar tidak tersumbat.

Terlebih saat ini, kata Amin, sudah memasuki musim penghujan yang memungkinkan akan menyebabkan banjir di beberapa lingkungan yang ada di Kelurahan Ramanuju.

“Jadi karena sekarang sudah masuk musim hujan, kita ajak seluruh warga untuk gotong royong, sekaligus kegiatan rutin kita Jumat bersih,” kata Amin kepada wartawan, Jumat (15/1/2021).

Amin mengungkapkan, lokasi di Kelurahan Ramanuju yang kerap tergenang banjir saat intensitas curah hujan tinggi adalah di Lingkungan Kenanga, Rt 01, 02, 03 dan 04/Rw 01.

“Lingkungan kerap banjir itu di belakang SDN Kenanga, Rt 03/Rw 01. Disitu kan ada saluran air yang nampung dari aliran arah Polres dan dari aliran Kali Ingas, jadi airnya sering meluap ke pemukiman warga,” katanya.

Amin mengungkapkan, air yang meluap itu karena adanya penyempitan aliran sungai yang menuju ke Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang.

“Alur aliran air yang ke Masigit itu ada penyempitan, jadi perlu ada pelebaran,” ungkapnya.

Amin juga menghimbau kepada seluruh warga di Kelurahan Ramanuju, untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai yang dapat menjadi penyebab banjir.

“Jangan buang sampah ke sungai, kita jaga untuk masa depan anak cucu kita. Karena pihak kelurahan tidak mungkin bisa melakukan tanpa bantuan masyarakat, terutama terkait drainase (aliran air/sungai), kalau bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali warga gotong royong secara mandiri,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: