Kelurahan Bendungan Buka Layanan Puskesos

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon membuka layanan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang diberi nama "Puskesos Berserri" untuk masyarakat wilayah Kelurahan Bendungan....

Program Kementerian Sosial tersebut telah tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Sosial Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk Penanganan Orang Miskin dan Tidak Mampu.

Tujuannya untuk penyelarasan data masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan pemerintah atau menyandang masalah kesejahteraan sosial.

Puskesos juga merupakan program layanan rujukan satu pintu (terintegrasi) yang merupakan miniatur Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang berada di tingkat kabupaten atau kota.

Layanan terintegrasi itu diselenggarakan dengan tujuan memudahkan masyarakat menerima layanan.

“Dengan adanya Puskesos ini, persoalan persoalan yang ada di masyarakat akan menjadi lebih cepat ditangani,” kata Kasi Kesos Kelurahan Bendungan, Euis kepada wartawan, Jum’at (6/8/2021).

Di tempat yang sama, Lurah Bendungan, Maman Herman mengatakan pelayanan Puskesos itu untuk mempermudah memvalidasi data bantuan sosial dari Pemerintahan Pusat, Provinsi dan Daerah.

“Alhamdulillah, Puskesos ini salah satu jawaban kita untuk memvalidasi data yang ada. Karena data dalam bantuan yang dari pusat, provinsi, maupun yang dari daerah Kota Cilegon ini bervariatif, ada yang masuk dan ada yang belum, maka tentu menjadi problematika di lapangan,” katanya.

Maman melanjutkan, Puskesos juga berfungsi untuk memberikan pelayanan terkait perlindungan sosial agar bisa cepat ditanggapi dan diberikan solusi yang tepat. Keberadaan Puskesos sangat penting bagi warga miskin.

“Pelayanan ini untuk data usulan yang belum masuk, data yang berubah akibat kelahiran, kematian, urbanisasi, terus juga perubahan ekonomi dan bahkan bagi orang miskin baru itu kita usulkan,” pungkasnya.

Diketahui, Puskesos di kelurahan Bendungan tersebut merupakan salah satu percontohan selama 3 tahun yang ditunjuk langsung oleh pemerintah pusat dan pendanaannya berasal dari APBN untuk memberikan pelayanan cepat.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: