Kejari Terima Hibah Lahan dari Pemkot Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kejari Cilegon mendapat surprise dari Pemkot Cilegon di Hari Bhakti Adhyaksa ke-60....

Kejari Cilegon menerima hibah lahan seluas 3.600 meter peesegi di Lingkungan Bonakarta, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang.

Lahan itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan Kantor Kejari Kota Cilegon.

Sebelum memberikan lahan, Pemkot Cilegon sebelumnya pernah membangun gedung kantor untuk Kejari Cilegon di Jalan Aat-Rusli, tepatnya di di Lingkungan Kedung Baya, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber.

Namun gedung yang dibangun pada tahun 2013 lalu dengan anggaran Rp4 miliar itu hingga saat ini tak kunjung digunakan oleh Kejari Cilegon, hingga kondisinya kumuh dan tidak terawat.

Kepada wartawan, Kepala Kejari Cilegon, Andi Mirnawati menjelaskan, hibah lahan seluas 3.600 meter persegi dari Pemkot Cilegon itu adalah tindak lanjut dari kunjungan pimpinan Kejari beberapa bulan lalu.

Pada kunjungan itu disinggung terkait letak dan luas area Kantor Kejari yang dianggap kecil dan kurang memenuhi standar.

Setelah melakukan pembahasan, Pemkot Cilegon akhirnya memutuskan untuk menghibahkan lahan milik pemerintah yang berada di Bonakarta.

“Meski sempit tapi strategis, dekat dengan komplek perkantoran,” ujar Mirna kepada wartawan di Kantor Kejari Kota Cilegon, Rabu (22/7/2020).

Sejauh ini, kata Mirna, kesepakatan baru pada persoalan pemberian lahan. Sedangkan untuk pembangunan gedung akan dibahas di kesempatan lain.

Sementara ini, ia berencana, untuk pembangunan gedung akan menggunakan anggaran dari Kejari.

Terkait kantor yang terletak di Jalan Aat-Rusli, gedung itu tak kunjung ditempati karena dinai tidak memenuhi standar baik letak bangunan maupun keamanan mengingat lokasi kantor yang sangat dekat dengan jalan.

Saat ini, status aset gedung itu masih milik Pemkot Cilegon, sedangkan tanah milik Kejari. Karena itu, pihaknya menyerahkan penggunaan gedung itu kepada Pemkot Cilegon. Sedangkan persoalan tanah, lanjut Mirna, akan dikaji terlebih dahulu.

“Apakah akan tugar guling atau seperti apa, nanti kita bahas,” kata Mirna.

Mirna mengapresiasi langkah pemerintah dengan menghibahkan lahan yang cukup strategis.

Ia memastikan hibah itu tidak akan memengaruhi kinerja Kejari dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, Walikota Cilegon Edi Ariadi mengaku belum tahu akan digunakan untuk apa gedung Kejari yang berada di Jalan Aat-Rusli.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: