Kebakaran Lahan Dominasi Kasus di Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kebakaran lahan menjadi kasus yang sering terjadi dan ditangani Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Cilegon....

Hingga Agustus 2021, tercatat dari 42 kasus kebakaran yang terjadi, 70 persen diantaranya merupakan kebakaran lahan.

Kepala Seksi Operasi Pemadaman dan Kesiapsiagaan pada Damkar Cilegon Nanung Eko Siswanto mengatakan, insiden kebakaran lahan tejadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan potensi bahaya kebakaran.

“Lahan masih mendominasi tingkat kebakaran di Cilegon. Tahun 2021 ada 31 kasus yang kita tangani itu adalah kebakaran lahan,” kata Eko kepada wartawan, Kamis (26/8/2021).

Eko menjelaskan, kebakaran lahan itu disebabkan oleh aktivitas pembakaran sampah hingga pembukaan lahan yang tidak diawasi sehingga membuat area lahan semak maupun lahan ilalang terbakar.

“Indikasinya bisa pembukaan lahan dengan cara dibakar, terus buangan puntung rokok, dan aktivitas bakaran sampah yang tidak disengaja ditinggalkan lalu apinya membakar area yang mudah terbakar,” jelasnya.

Dengan banyaknya kejadian tersebut, Eko mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terkait potensi bahaya serta efek dari asap yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut.

“Asapnya itukan bahaya buat kesehatan apalagi dari bakaran sampah, kemudian juga potensi kebakarannya bisa merambat ke pemukiman. Sama-sama tingkatkan kesadaran aja,” ujarnya.

Untuk menekan kebakaran tersebut, Eko mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi ke 43 kelurahan tentang bahaya kebakaran.

“Fungsinya untuk memberikan informasi dan penanggulangan dini bila ada kejadian kebakaran di tingkat kelurahan masing-masing dan akan diberikan Surat Keputusan (SK) nya juga,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Editor: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: