Kandas Di Perairan Merak, 9 Jam Penumpang KMP Safira Nusantara Tertahan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - KMP Safira Nusantara yang berangkat dari Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak kandas di Perairan Merak, Minggu (20/12/2020)....

Selain cuaca buruk, kapal milik PT Jembatan Nusantara tersebut kandas diduga akibat tidak berfungsinya lampu buoy merah (lampu pelampung) yang tidak jauh dari Pelabuhan Merak.

Kepala Cabang PT Jembatan Nusantara, Anto Mei Suryono mengungkapkan kapal yang hendak sandar ke Dermaga IV Pelabuhan Merak tersebut kandas di Buoy Merah Pulau pada koordinat LS 05̊ 56̍, 242 S – B 105̊ 59̍ 659̋ T sekitar pukul 23.50 WIB.

“Posisi ngapung-ngapung itu masuk, itu mungkin terlalu ngadep ke buoy merah itu, nyangkut disitu. Kalau engga salah tahun ini kan 3 kapal yang nyangkut disitu, infonya begitu dari syahbandar, dari temen-temen juga,” ungkap Anto, Senin (21/12/2020).

Anto mengatakan, setelah mendapatkan informasi kandasnya kapal, pihaknya langsung berkordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan evakuasi.

Pada pukul 03.20 WIB, lanjut Anto, telah dilakukan tindakan awal untuk mengevakuasi kapal dengan memasang tali untuk dilakukan penarikan oleh dua Tug Boat Tirtayasa.

“Kurang lebih 2 jam, sampai jam 5, karena tidak berhasil dan air mulai surut maka penarikan dihentikan dan lepas tali,” ujarnya.

Anto menjelaskan, Kapal yang mengangkut 286 orang dengan 82 unit kendaraan tersebut kembali di evakuasi pada pukul 09.00 WIB dengan ditarik oleh Tug Boat Tirtayasa I dan IV saat air laut mulai pasang.

“Jam 9 itu sudah mulai pasang, arus dibawah itu arus ke atas, jadi bisa ngangkat kapal. Setelah itu Tag Boat Tirtayasa IV merapat, abis itu Tag Boat tirtayasa I merapat. Diketahui 9.15 WIB alhamdulillah bisa lolos,” tuturnya.

Anto menambahkan, setelah berhasil kembali dari perairan dangkal, KMP Safira Nusantara kemudian di arahkan ke Dermaga VI Pelabuhan Merak untuk menurunkan seluruh penumpang.

“Akhirnya di arahkan ke Dermaga VI untuk proses bongkar,” pungkasnya.

Reporter: Zainal Mutakin
Editor: Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: