Jokowi Resmikan Pabrik HSM KS Bernilai 7,5 Triliun

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan pabrik hot strip mill (HSM) 2 PT Krakatau Steel (KS) di Kawasan Industri KS, Selasa (21/9/2021)....

Pabrik HSM 2 PT KS yang berdiri di atas lahan 25 hektar tersebut dibangun dengan investasi Rp7,5 triliun, dengan kapasitas produksi sebesar 1,5 juta ton pertahun.

Jokowi menyampaikan, meski di masa pandemi Covid-19, proses transformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus tetap terus dilakukan.

Transformasi, lanjut Jokowi, menjadi keharusan agar BUMN menjadi kelas dunia, profesional, kompetitif, serta semakin menguntungkan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan membuka banyak lapangan pekerjaan, juga memberikan kontribusi lebih besar pada pendapatan negara.

“PT Krakatau Steel juga terus melakukan transformasi, terus melakukan restrukturisasi, Pak Menteri BUMN tadi menyampaikan Krakatau Steel saat ini sudah semakin sehat, karena memang sebelumnya kurang sehat, produksinya juga semakin lancar,” ucap Presiden Jokowi dikutip dari kanal youtube Sekretariat Presiden, Selasa (21/9/2021).

Jokowi mengungkapkan, industri baja tersebut sangat strategis, oleh karenanya, pemerintah memberikan perhatian besar pabrik baja nasional.

“Artinya nanti akan mengurangi semakin banyaknya impor kita dari negara-negara lain, dan merupakan salah satu pilar penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional, karena konsumsi baja kita sangat besar,” ujarnya.

Jokowi juga mengatakan, pabrik HSM 2 yang akan memproduksi hot rolled coil (HRC) itu menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja yang hanya ada dua di dunia, yakni di Amerika Serikat dan Indonesia di PT KS.

“Tadi saya udah melihat ke dalam proses produksinya, memang betul-betul teknologi tinggi, pabrik ini memiliki kapasitas produksi HRC sebesar 1,5 juta ton per tahun merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium, produksinya akan terus kita tingkatkan,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT KS Silmy Karim menyebutkan, HSM 2 dengan kapasitas produksi 1,5 juta ton tersebut akan menambah jumlah total produksi HRC PT KS menjadi 3,9 juta ton per tahun.

“Ini adalah pabrik pertama di Indonesia, HRC dengan ketebalan 1,4 milimeter. Pembangunan pabrik ini selain meningkatkan kapasitas produksi nasional dalam rangka meningkatkan daya saing produk baja produksi Indonesia.

Silmy mengaku, pabrik baja baru tersebut lebih efisien, dan dapat memangkas biaya produksi hingga 25 persen.

“Pabrik ini juga menggunakan teknologi terkini 4.0, produk yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang baik,” pungkasnya.

Hadir dalam peresmian HSM 2 PT KS tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erik Tohir, beserta jajaran menteri lainnya, serta Gubernur Banten Wahidin Halim dan Walikota Cilegon Helldy Agustian.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
IndustriNasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: