Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula

BERITAKARYA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindang Heula, Banten Kamis (4/3/2021). Bendungan yang dibangun sejak 2015 itu memiliki kapasitas 9,3 juta meter kubik....
Ilustrasi Presiden Jokowi/Foto Repro/NET
Ilustrasi Presiden Jokowi/Foto Repro/NET

“Bendungan ini akan meningkatkan produktivitas pertanian dan manfaat irigasi 1.280 hektare yang ada di Serang dan Provinsi Banten,” ucap Jokowi dalam Peresmian Bendungan Sindang Heula, Banten seperti diberitakan cnnindonesia.com.

Ia berharap bendungan tersebut akan memberikan nilai tambah bagi petani di Banten dan menjamin ketersediaan air yang cukup. Dengan demikian, produktivitas ketahanan pangan akan terjaga.

“Bendungan ini juga menyediakan air baku bagi industri di Serang dan Cilegon,” imbuh Jokowi.

Jokowi menambahkan, Bendungan Sindang Heula juga akan berfungsi untuk pembangkit listrik 0,40 megawatt (MW). Untuk itu, pemerintah setempat bisa memanfaatkan bendungan tersebut agar tak terus bergantung dengan energi fosil.

Jokowi menyebut bendungan tersebut juga bermanfaat untuk pengendalian banjir, konservasi pariwisata. Ia berharap pemerintah daerah bisa memanfaatkan bendungan itu semaksimal mungkin.

untuk diketahui, Bendungan Sindang Heula memiliki luas 131 hektare (ha). Bendungan itu dibangun dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) murni sebesar Rp427 miliar.

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Serang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: