Jembatan Gantung dan Nasib Antarwarga di Kabupaten Lebak

BEKARYA.CO.ID – Jumlah jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten tercatat sebanyak 1.088 unit. Namun, dari jumlah tersebut hanya 248 unit dalam kondisi baik. Sementara sisanya yakni 340 unit...
Ilustrasi/Anak-anak sekolah di Lebak, Banten, meniti jembatan yang rusak yang sangat berbahaya untuk menuju ke sekolah/Republika.co.id/Net
BEKARYA.CO.ID – Jumlah jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten tercatat sebanyak 1.088 unit. Namun, dari jumlah tersebut hanya 248 unit dalam kondisi baik.
Sementara sisanya yakni 340 unit jembatan gantung tidak layak dilintasi masyarakat karena kondisinya rusak akibat dimakan usia. Jembatan gantung itu hampir semua terdapat di 28 kecamatan yang menghubungkan antarkampung maupun antardesa.
“Kami tahun ke tahun terus merealisasikan pembangunan jembatan gantung itu melalui APBN Pusat dan APBD setempat juga kepedulian perusahaan swasta,” kata Bupati Lebak, Iti Octavia saat peresmian jembatan Desa Sukajaya Kecamatan Sajira, Lebak, Selasa, (31/1/2017) seperti dikutip dari Antara.
Perbaikan itu diperlukan agar tidak jatuh korban jiwa, karena jembatan gantung tersebut dilintasi ribuan masyarakat setempat.
Pernah terjadi peristiwa memilukan tahun 2015, puluhan anak-anak SD terjatuh dari atas jembatan gantung ke Sungai Ciberang. Beruntung peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa, tapi anak-anak SD itu mengalami patah kaki.
“Karena itu, pengalaman memilukan itu jangan sampai terulang lagi melalui pembangunan,” katanya.
Selain dimakan usia, lanjut Octavia, jembatan rusak karena bencana alam sehingga perlu dilakukan pembangunan. Saat ini, kondisi jembatan yang mengalami kerusakan secara bertahap dilaksanakan pembangunan.
“Kami terus mengusulkan dana pembangunan jembatan gantung kepada pemerintah pusat juga pemerintah Provinsi Banten,” kata dia.
Sumber : tirto.co
Editor : Iffan Gondrong
Categories
IndexLebak

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: