Jelang Lebaran, Pedagang Pasar Kranggot Ngeluh Sepi Pembeli

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pasar Baru Kranggot nampak tak begitu dipadati pengunjung....

Fenomena itu dikeluhkan oleh sejumlah pedagang yang berjualan di pasar yang terletak di Kecamatan Jombang tersebut.

Kondisi pasar yang biasanya disesaki pengunjung menjelang lebaran, kini tampak lengang dan terlihat pedagang hanya berbincang antar pedagang saja.

“Sekarang mah gak kaya tahun tahun kemaren yang sampe jedog-jedogan (desak-desakan). Biasanya mau lebaran gini tuh ramai,” kata salah satu pedagang bahan bumbu dapur yang enggan disebutkan namanya, Senin (10/5/2021).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sapturi, penjual ayam potong. Dirinya mengeluhkan pengunjung pasar yang setiap tahun makin menurun sejak pandemi Covid-19.

“Tahun-tahun sebelumnya mah sampe jualan itu gak bisa duduk karena sibuk ngelayanin pembeli, tapi sekarang mah semua pedagang ayam ngeluh. Mau qunutan sepi, mau lebaran sepi,” tutur Sapturi.

Dengan kondisi tersebut, Sapturi mengaku berani menjual dagangannya tanpa keuntungan sama sekali. Hal itu ia lakukan karena daya beli masyarakat yang makin menurun.

“Harga ayam yang biasanya 40-42 ribu, karena kondisi sepi begini mah 35 ribu harga modalnya, saya jual aja daripada pulang bawa dagangan bukan uang,” tutur Sapturi dengan lesu.

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar Baru Kranggot, Aceng Syarifuddin menjelaskan, kondisi daya beli masyarakat yang menurun tersebut disebabkan oleh pandemi yang masih berlangsung.

“Kondisinya masih pandemi Covid-19, Cilegon dalam zona orange,” ujarnya.

Aceng juga mengatakan, selain karena kondisi pandemi, ada hal lain yang juga turut andil membuat pedagang mengeluh karena sepi pembeli.

“Kurangnya lapangan pekerjaan bagi penerima upah buruh dan penerimaan bantuan Kesos pusat pada triwulan 1. Mungkin ini juga yang menjadi penyebabnya,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Ekonomi

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: