Jaring Pesilat Terbaik, IPSI Cilegon Seleksi Atlet di Tiap Kecamatan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon mulai tahapan seleksi atlet dari seluruh peguron....
Seleksi Atlet Pencak Silat IPSI Cilegon di Tingkat Kecamatan

Sekretaris IPSI Cilegon Bambang Andrianto mengatakan, seleksi tersebut untuk menjaring atlet berprestasi dari setiap perguruan pencak silat.

Seleksi atlet yang dilaksanakan oleh setiap Anak Cabang (Ancab) IPSI tersebut, merupakan proses dalam mempersiapkan atlet yang akan tampil di perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten 2022 mendatang.

“Seleksi ini dilakukan untuk menjaring pesilat berprestasi dari seluruh peguron yang ada di Cilegon,” kata Andri kepada Beritakarya.co.id, Senin (28/6/2021).

Andri menuturkan, seleksi atlet yang telah dilaksanakan mulai Jumat (25/6/2021) itu dilakukan untuk memilih bakat-bakat terbaik putra-putri Cilegon pada cabang olahraga pencak silat.

Dimana, lanjut Andri, atlet terbaik dari setiap kecamatan di Cilegon itu nantinya akan kembali di seleksi dalam ajang kejuaraan prestasi pencak silat di tingkat kota yang akan dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Cilegon pada 2 Juli 2021.

“Semua perguron baik dari aliran Bandrong, Terumbu, TTKKDH maupun yang lainnya, memiliki kesempatan yang sama untuk berlaga di tingkat silat prestasi di Cilegon. Dan kami berharap putra-putri Cilegon terbaik yang nantinya akan membawa prestasi pencak silat dan IPSI Cilegon sampai ke tingkat nasional, bahkan harapan kita sampai ke internasional,” ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran IPSI Cilegon Rufaji Zahuri (Kiri) dan Sekretaris IPSI Cilegon Bambang Andrianto (Kanan)

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran IPSI Cilegon Rufaji Zahuri mengatakan, setiap seleksi atlet pencak silat yang dilaksanakan setiap Ancab IPSI kecamatan tersebut dipantau langsung oleh jajaran pengurus IPSI Cilegon.

Dimana pada seleksi itu, setiap peguron akan mengirimkan pesilat untuk kategori atlet tanding putra dan putri dari kelas A-F dan atlet seni tunggal.

“Kategorinya itu ada atlet laga (tanding) dan atlet seni baku tunggal IPSI. Tujuan kita adalah bagaimana caranya kita melahirkan atlet yang memang asli putra-putri Cilegon, kita buka peluang sebesar-besarnya kepada seluruh pesilat yang saat ini sedang menekuni olahraga pencak silat,” katanya.

Rufaji menuturkan, selain untuk menjaring dan mempersiapkan atlet berprestasi untuk ajang Porprov Banten 2022 di Kota Tangerang, tujuan seleksi tersebut adalah sebagai proses dan bentuk pembinaan untuk melahirkan atlet pencak silat Cilegon

Masih kata Rufaji, seleksi tersebut untuk memotivasi peguron agar lebih giat dalam melakukan proses pembinaan terhadap anak didiknya, serta mempererat silaturahmi antar peguron.

“Siapa pun yang mewakili, dari peguron manapun yang mewakili, itu sudah berdasarkan hasil seleksi bersama, tidak ada yang namanya titipan atau apa, ini kan kita akan mendongkrak bagaimana caranya pencak silat cilegon berprestasi sampai ke tingkat nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Meski menargetkan atlet untuk meraih medali emas dalam setiap kategori dan kelas pada pada ajang Porprov Banten 2022 nanti, Rufaji mengaku IPSI Cilegon akan realistis dan tidak akan membebani target tersebut hanya kepada atlet.

“Menang kalah itu kan hal yang wajar. Jangankan juara, tidak juara pun kami bangga. Karena mereka sudah berusaha dengan sekuat tenaga untuk membawa nama baik pencak silat dan IPSI Cilegon. Jadi dari sini akan lahir bibit pesilat dari hasil pembinaan yang lebih selektif. Saya sangat yakin bahwa ada bibit-bibit terpendam di Kota Cilegon yang perlu pembinaan dan polesan dari para pelatih yang ada, sehingga ke depan Cilegon jadi salah satu pusat atlet bagi IPSI, dan pencak silat Cilegon akan diperhitungkan,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: