Jamin Hak Pilih Warga Cilegon, KPU Sediakan TPS di Lapas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Warga Cilegon yang menghuni Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Cilegon tetap memiliki hak suara pada Pilkada Cilegon 2020....
Eli Jumaeli
Eli Jumaeli, Komisioner KPU Cilegon

Untuk melindungi hak pilih warga Cilegon yang ada dibalik jeruji besi itu, KPU Cilegon akan menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas yang berlokasi di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber.

Kepala Divisi Pencalonan KPU Cilegon, Eli Jumaeli mengatakan, mekanisme pemungutan suara di lapas tidak berbeda jauh dengan pemungutan di tempat yang lain, namun keamanannya saja yang lebih diperketat. 

“Karena disediakan TPS di lapas, ya untuk pemilih yang ada di lapas tidak harus keluar kan, karena sudah kita siapkan TPS di lapas,” kata Eli kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon 2020, tercatat sebanyak 186 warga binaan Lapas Cilegon yang memiliki hak pilih pada 9 Desember mendatang.

“Hanya satu TPS, karena pemilihnya hanya ada 186 pemilih,” ujar Eli. 

Selain itu, KPU juga akan memfasilitasi pemilih yang sedang sakit maupun yang sedang menjalani isolasi mandiri karena Covid-19.

KPU akan melakukan TPS keliling atau mobile yang di kawal ketat oleh pihak kepolisian dan pengawas pemilu.

“Teknis pemungutannya KPPS sudah menerima data ada pemilih yang dirawat sehingga pada nanti pemungutan KPPS yang mobile kesana keliling dari jam 12 sampai jam satu,” ungkap Eli.

Eli menjelaskan, sehari jelang pemilihan, KPU akan melakukan pendataan terlebih dahulu pasien yang sedang sakit maupun yang sedang menjalani isolasi mandiri Covid-19. 

Tentunya hal tersebut akan dikordinasikan dengan pihak terkait, khususnya pihak penanggung jawab di tempat isolasi mandiri.

“Dan jika masih ada pasien yang mendiami ruang tersebut, nanti kita mengarahkan TPS yang terdekat dengan lokasi berlangsungnya isolasi mandiri dengan mendatangi mereka (pasien Covid – 19),” jelasnya.

Eli juga menambahkan, untuk petugas KPPS yang akan mendatangi lokasi tersebut, pihaknya akan memfasilitasi Alat Pelindung Diri (APD) seperti Hazmat, masker dan lainya dengan dikawal pihak kepolisian.

“Intinya jika mereka pasien Covid – 19 yang masih mendiami tempat isolasi mandiri yang akan memberikan suaranya pada saat pemilihan berlangsung,” tandasnya.

Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) berdasarkan pleno KPU Cilegon yakni sebanyak 296.045 pemilih yang terdiri dari 149.160 pemilih laki-laki dan 147.885 pemilih wanita.

Jumlah tersebut meningkat sebanyak 6.474 pemilih dibanding DPT pada saat Pilpres dan Pileg pada Pemilu 2019 yang tercatat sebanyak 290.571 pemilih.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: