Jadi Calon Tunggal Ketua IPSI Cilegon, Ini Prestasi Yang Diukir Muharman

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon akan menggelar Musyawarah Kota (Muskot) ke-V untuk memilih pemimpin....

Pada Muskot IPSI Cilegon yang akan dilaksanakan di Hotel Grand Mangku Putera (GMP) pada Sabtu, 13 Februari 2021 tersebut, diketahui hanya ada satu orang yang mendaftar sebagai calon ketua untuk masa bakti 2021-2025.

Calon tersebut yakni Muharman Koto yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan sebagaimana telah diatur oleh AD/ART hasil Munas PB IPSI tahun 2016 untuk maju sebagai calon ketua umum oleh Tim Penjaringan pada Muskot IPSI Cilegon.

Muharman Koto sendiri diketahui telah menjabat sebagai Ketua Umum IPSI Cilegon pada selama dua periode yakni masa jabat 2013-2017 dan 2017-2021.

Kini Muharman kembali akan maju sebagai Ketua IPSI Cilegon setelah mendapatkan dukungan sebanyak 20 dari 21 peserta yang memiliki hak suara pada Muskot IPSI Cilegon.

Selama menjabat sebagai orang nomor satu di IPSI Cilegon, Muharman Koto telah banyak mengukir prestasi untuk kemajuan pencak silat di Kota Baja.

Diantaranya yakni, memperoleh 4 medali emas pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banten, 5 medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten, serta 8 medali emas di Open Tournament Nasional Pelajar, serta 1 medali emas di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) pada 2018.

Selain itu, IPSI Cilegon juga sukses dalam mengadakan event Golok Day yang diikuti oleh seluruh pendekar Indonesia, bahkan mancanegara mulai 2015-2019.

Ketua Umum DPP Forum Lintas Seni Budaya Pencak Silat dan Debus Manunggal Jage Pusake Banten-Indonesia, Zainal Arif mengungkapkan, selama dua periode menjabat sebagai Ketua IPSI Cilegon, Muharman banyak memberikan perubahan untuk kemajuan pencak silat di kota industri.

“Banyak prestasi yang telah diukir oleh IPSI Cilegon selama dipimpin Pak Muharman, salah satunya dengan pembenahan struktur hingga ketingkat kecamatan. Jadi IPSI Cilegon ini memiliki anak cabang (Ancab) yang lengkap, sehingga semakin solid, bahkan sekarang menjadi contoh dan tolak ukur dari IPSI lainnya,” kata pria yang akrab disapa Kang Ujang kepada wartawan, Jumat (12/2/2021).

Selain itu, ungkap Kang Ujang, IPSI di bawah kepemimpinan Muharman juga sukses mewujudkan impian untuk mempersatukan pendekar nusantara bahkan mancanegara melalui event Golok Day yang mengangkat identitas senjata ciri khas Pendekar Cilegon.

“Sangat pesat kemajuannya, IPSI Cilegon banyak melahirkan atlet. Pembinaan pencak silat juga sangat luar biasa. Pak Muharman ini tidak hanya memperhatikan perkambangan dan kemajuan prestasi tapi juga seni budaya Cilegon,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ancab IPSI Pulomerak, Samingan mengatakan, banyak kemajuan dan perkembangan di dunia pencak silat kota baja selama dipimpin Muharman.

Menurutnya, sosok Muharman telah memberikan perhatian nyata untuk kemajuan pendekar dan pencak silat di Cilegon.

“Pak Muharman punya target yang jelas, selain prestasi, juga seni budaya Cilegon. Ada banyak perbedaan, sekarang ini mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan makin banyak berdiri peguron. Bentuk perhatiannya juga nyata, pada 2019 saja, Pengkot IPSI Cilegon membagikan 40 set kendang, tiap kecamatan itu dapat 5 set,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: