Isro Ingatkan Helldy-Sanuji Tak Abaikan Pelabuhan Warnasari, JLU dan Sport Center

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cilegon, Isro Mi'raj ingatkan agar kepala daerah terpilih tidak mengabaikan mega proyek di Kota Cilegon....

Hal itu disampaikan Isro Mi’raj dihadapan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta pada acara Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 Kota Cilegon disalah satu hotel di Cilegon, Senin (5/4/2021).

“Pada prinsipnya kami mendukung, kami support program yang tertuang baik di RKPD, di RPJMD walikota terpilih, ketika itu kepentingannya untuk masyarakat Kota Cilegon. Tetapi kami juga mohon ke Pak Wali dan Pak Wakil jangan juga abaikan yang sudah berjalan,” ujar Politisi Partai Golkar itu.

Isro menyebutkan, mega proyek yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 yakni Pelabuhan Warnasari, Jalan Lingkar Utara (JLU) dan Sport Center yang sudah berjalan untuk tetap diperhatikan dan dilanjutkan pembangunannya.

“Ada (Pelabuhan) Warnasari yang menurut saya untuk PAD nya juga bagus, karena kita butuh Pendapatan Asli Daerah (PAD), devidennya tinggal kita naikan nanti. Kita pantau sama-sama bagaimana Pelabuhan Warnasari ini berkontribusi besar terhadap PAD, dan devidennya harus naik,” katanya.

“Yang kedua, apabila program itu memang dirasakan oleh masyarakat, mudah-mudahan walikota terpilih juga tidak mengabaikan, ada dua lagi, Sport Center dan JLU. Kalau dirasa itu kepentingannya manfaat untuk masyarakat Kota Cilegon, mari kita sama-sama itu untuk masyarakat Kota Cilegon,” tutur Isro.

Pimpinan Legislatif Cilegon itu menegaskan, pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah dimasa kepemimpinan Helldy-Sanuji, dengan catatan kebijakan yang dikeluarkan harus berpihak kepada kepentingan masyarakat.

Lebih lanjut, Sekjen Partai Golkar Cilegon itu menuturkan, sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 yang menjelaskan pemerintahan daerah adalah kepala daerah dan DPRD, dimana kedua komponen tersebut harus bersinergi.

“Kedua komponen ini harus sinergi, dan tentu harus melaksanakan tugas, peran dan fungsinya masing-masing. Dalam hal ini kebetulan Undang-undang menempatkan DPRD sebagai pemerintahan daerah sesuai dengan tupoksinya adalah bagaimana kinerja terhadap pengawasan anggaran dan peraturan daerah,” ujarnya.

Isro menyampaikan, dalam kedudukan tersebut, DPRD akan berkomitmen terhadap RPJMD yang dituangkan oleh kepala daerah terpilih.

“Karena Undang-undang mengamanatkan kepada kepala daerah terpilih, maka apa yang beliau sampaikan pada saat kampanye, wajib hukumnya dituangkan dalam RPJMD. Pembangunan kita tahu bahwa ada tiga aspek, yakni pembangunan aspirasi, teknokratis dan politis, tentu kami hargai itu karena rakyat mempercayakan sekarang Pak Helldy dan Pak Sanuji dipilih oleh rakyat Kota Cilegon sebagai kepala daerah,” ucapnya.

Untuk itu, Isro mengungkapkan kepada Helldy-Sanuji tak perlu khawatir dalam mengeluarkan kebijakan. Ia mengatakan pihaknya tak akan menjegal kebijakan yang dikeluarkan.

“Jangan khawatir pak, DPRD akan mendukung ketika itu untuk kepentingan masyarakat Kota Cilegon. Tidak ada niat kami di DPRD untuk menjegal apapun program itu demi kepentingan masyarakat Kota Cilegon,” ungkapnya.

“Tetapi tentu dengan kedudukan kami yang tadi disampaikan, karena fungsi DPRD bagaimana mengawasi tentang target yang akan dicapai di tahun 2022 nanti. Kami ingatkan, IPM nya (Indeks Pembangunan Masyarakat), angka penganggurannya, targetnya sekian, pendapatannya sekian. Ketika memang itu kurang, maka kewajiban kami untuk mengingatkan itu. Karena manusia itu tempatnya salah dan linglung (lupa), jadi diingetaken (diingatkan),” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: