Isro Akan Awasi Realisasi 5 Ribu Lapangan Kerja Helldy-Sanuji

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi'raj tegaskan akan memberikan pengawasan atas janji Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta....

Dimana Helldy-Sanuji menjanjikan akan membuka 5.000 lapangan kerja pada tahun 2022 mendatang untuk masyarakat Cilegon.

Pengawasan itu, kata Isro, sebagai bentuk kontrol pihaknya di lembaga legislatif, sehingga program pembukaan lapangan kerja tersebut dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

“Sebagaimana janji Pak Walikota dan Wakil Walikota Cilegon yang akan membuka sebanyak lima ribu lapangan pekerjaan tahun 2022 nanti, kami di DPRD Kota Cilegon akan mengawasi terealisasi tidak program lapangan pekerjaan ini,” ujar Isro saat acara Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII tahun 2021 Lemhanas RI di Aula Diskominfo Cilegon, Selasa (6/4/2021).

“Kalau tidak terealisasi kita akan tanyakan ke Pak Walikota dan Pak Wakil sebagaimana fungsi kami,” ucapnya.

Isro mengatakan pengangguran di Kota Cilegon saat ini terbilang tinggi. Dimana berdasarkan catatan Disnaker Cilegon, jumlah pengangguran meningkat sejak tahun 2019 hingga 2020 lebih dari 7.000 orang. Dari sebelumnya tercatat sebanyak 18.383 orang meningkat menjadi 25.976 orang.

“Tak terserapnya pengangguran ini karena industri di Cilegon adalah padat modal bukan padat karya. Sehingga membutuhkan tenaga kerja tak terlalu banyak. Selain itu juga membutuh skill yang cukup tinggi,” katanya.

Sebab itu, lanjut Isro, tugas Pemkot Cilegon kedepan adalah meningkatkan kemampuan (Skill) sumber daya manusia (SDM) masyarakat Cilegon agar terserap sesuai kebutuhan industri.

“Kita awasi realisasi lima ribu lapangan pekerjaan Helldy-Sanuji,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemkot Cilegon pada 2022 mendatang berencana membuka sebanyak 5.000 lapangan pekerjaan untuk masyarakat Kota Industri.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 Kota Cilegon pada Senin (6/4/2021).

Langkah itu sebagai upaya guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Untuk itu, Sanuji meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar mulai melakukan persiapan dan melakukan pendekatan, supaya target 5.000 lapangan pekerjaan itu bisa tercapai dan berjalan maksimal.

“Tantangan kita kedepan pada tahun 2022 terciptanya lapangan pekerjaan, apakah padat karya, apakah UMKM, apakah dengan industri, dalam semua hal kita lakukan untuk pemberdayaan masyarakat dan 5 ribu lapangan pekerjaan ini tercapai,” ujar Sanuji.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: