IPSI Cilegon Tingkatkan Prestasi dan Kompetensi Pencak Silat Melalui Pelatihan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon adakan pelatihan wasit dan juri serta pelatih pencak silat prestasi dan tradisi....

Ketua IPSI Cilegon Muharman Koto mengatakan, pelatihan tersebut merupakan kegiatan rutin IPSI untuk melahirkan regenarasi pencak silat yang berprestasi dan kompeten di kota industri.

“Ini jenjang awal, mudah-mudahan melalui pelatihan ini, tumbuh regenerasi baru dan bermanfaat untuk pencak silat kita baik di tingkat provinsi maupun ke tingkat nasional,” kata Muharman usai kegiatan pelatihan di SMA Muhammadiyah Cilegon, Kamis (1/7/2021).

Muharman juga menuturkan, selain untuk mendukung target IPSI Cilegon masuk dalam tiga besar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten 2022 mendatang, pelatihan tersebut juga dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pencak silat di kota baja.

“Kita sekarang mengadakan pelatihan untuk para pelatih, wasit dan juri. Jadi kita harap ini akan kita pakai nanti dalam kejuaraan atau event yang akan dilaksanakan baik oleh Dispora maupun instansi terkait lainnya di Cilegon maupun di provinsi,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Lembaga Wasit dan Juri IPSI Cilegon Hajali mengatakan, pelatihan yang hanya dilaksanakan 1 hari tersebut diikuti oleh 24 peserta yang mewakili seluruh Anak Cabang IPSI Cilegon.

“Pelaksanaannya kita tetap dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, oleh karenanya tidak banyak peserta yang ikut dalam pelatihan ini,” katanya.

Hajali menyebutkan, dalam pelatihan itu ada 11 peserta yang ikut dalam pelatihan wasit dan juri prestasi, 6 peserta untuk pelatihan juri festival dan 7 peserta untuk pelatihan pelatih pencak silat.

“Nanti setiap peserta yang lulus dalam pelatihan ini akan kita berikan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka sudah layak dan berkompeten sebagai wasit, juri, maupun pelatih pencak silat,” ujarnya.

Sementara itu, Pemateri Juri Festival Nanang Amijaya mengapresiasi langkah IPSI Cilegon yang rutin mengadakan kegiatan tersebut.

Nanang berharap, melalui penyelenggaraan pelatihan itu, IPSI Cilegon dapat semakin berkembang, untuk terus melahirkan pesilat terbaik serta wasit dan juri yang berkompeten.

“Pencak silat di Cilegon ini sudah sangat berkembang, apalagi banyak juga event dan festival lokal di Cilegon sendiri. Mudah-mudahan kedepan nanti ada juri dan wasit yang dari Kota Cilegon untuk berkiprah ke tingkat provinsi, bahkan sampai nasional,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: