IPSI Cilegon Mulai Tahapan Pemilihan Ketua Umum Periode 2021-2025

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon akan menggelar Musyawarah Kota (Muskot) untuk memilih ketua baru pada kepengurusan periode 2021-2025....

Ketua Panitia Pelaksana Muskot IPSI Cilegon, Fatulloh mengatakan, tahapan pemilihan calon pemimpin IPSI Cilegon periode 2021-2025 tersebut akan dimulai pada awal Februari 2021.

“Tahapan sudah akan dimulai pada 1 Februari. Untuk rekan-rekan pendekar di Kota Cilegon, silahkan mendaftar ke sekretariat IPSI Kota Cilegon di Komplek Rumah Dinas Walikota Cilegon,” kata Fatulloh kepada wartawan, Jumat (29/1/2021).

Fatulloh mengatakan, pendaftaran calon Ketua IPSI Cilegon pada Muskot tersebut terbuka untuk seluruh pendekar dan masyarakat yang berdomisili di Kota Cilegon.

Tentunya, lanjut Fathulloh, dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana Muskot ke-5 IPSI Kota Cilegon, sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) IPSI.

“Tentunya panitia pelaksana membuat ketentuan dan persyaratan itu semua, berdasarkan AD/ART sesuai hasil Munas XIV PB IPSI tahun 2016,” ujarnya.

Tahapan pemilihan ketua umum pada Muskot IPSI Cilegon, ungkap Fatulloh, akan dimulai dengan pengambilan formulir pada 1-7 Februari, lalu dilanjutkan dengan penyerahan formulir pada 8-9 Februari.

“Nantinya akan ada tahapan seleksi oleh tim penjaringan yang telah dibentuk. Selanjutnya dari hasil penjaringan tersebut akan diumumkan dan ditentukan pada puncak acara pada 13 Februari 2021,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan pemilihan Ketua Umum IPSI Cilegon periode 2021-2025, Teguh Pribadi mengatakan, panitia pelaksana Muskot telah menunjuk 5 orang yang akan menjadi tim penjaringan dari berbagai unsur seperti pemerintah, pelaku pencak silat dan pemerhati pencak silat.

Dalam penjaringan nanti, kata Teguh, ada beberapa hal substansi persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon pemimpin IPSI di Kota Cilegon.

Diantaranya yakni sudah pernah menjadi pengurus IPSI baik di tingkat kota atau kecamatan selama 5 tahun, serta mendapatkan dukungan atau rekomendasi tertulisminimal 30 persen atau 7 dukungan IPSI Anak Cabang (Ancab) atau perguruan/organisasi yang terdaftar di IPSI Kota Cilegon.

“Persyaratan itu harus dipenuhi, kalau tidak ada dukungan atau rekomendasi yah tidak bisa,” katanya.

Teguh juga menyampaikan, pihaknya telah menyusun dan menetapkan pedoman tata cara penjaringan calon Ketua IPSI Cilegon pada Muskot, sesuai dengan AD/ART yang berlaku.

“Nanti akan kita verifikasi, kalau sudah terpenuhi akan kita umumkan. Artinya syarat itu sangat diperlukan sekali, nanti jadi pertimbangan apakah calon ini sudah memenuhi syarat atau tidak, dan akan kita umumkan di 12 Februari sesuai ketentuan yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Terpisah, Ketua IPSI Cilegon periode 2017-2021, Muharman Koto membenarkan akan dilaksanakannya Muskot tersebut.

Muharman yang kini masih menjabat sebagai Ketua IPSI Cilegon berharap, seluruh proses dan tahapan pelaksanaan Muskot tersebut dapat berjalan dengan baik untuk kemajuan pencak silat dan seni budaya Kota Cilegon.

“Benar akan dilaksanakan Muskot di bulan Februari. Mudah-mudahan tahapannya dapat berjalan dengan lancar dan baik, siapapun yang nantinya akan menjadi ketua di IPSI Cilegon, diharap bisa membawa kemajuan untuk pencak silat dan seni budaya Cilegon kedepan,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: