Hindari Kesalahan Data PPDB, Sekolah Lakukan Verifikasi Langsung

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Untuk menghindari kesalahan data dalam pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan secara online, beberapa sekolah melakukan verifikasi secara langsung....

Salah satunya seperti yang dilakukan panitia PPDB di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Cilegon yang melakukan verifikasi langsung di sekolah.

“Proses verifikasi ini dilakukan untuk menjaga kemungkinan orang tua salah input data. Makanya data yang diinput orang tua disamakan dengan aslinya,” kata Sekretaris PPDB SMP Negeri 5 Cilegon, Muntahanah ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/6/2021).

Proses verifikasi tersebut, kata Muntahanah, telah diatur agar tidak menimbulkan kerumunan saat proses penyesuaian data berlangsung.

“Kita atur juga durasi waktunya. Karena kita menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Pendaftaran PPDB pada jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Cilegon sendiri, telah resmi dibuka mulai 21-24 Juni 2021.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon Ismatullah mengatakan, kegiatan PPDB Cilegon 2021 telah diatur berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD dan SMP.

“Jalur PPDB nya itu ada zonasi atau seleksi berdasarkan wilayah dari sekolah ke tempat domisili, lalu ada jalur afirmasi untuk calon siswa dari keluarga tidak mampu atau disabilitas, kemudian jalur perpindahan atau calon siswa ikut orang tua karena pindah tugas, dan terakhir jalur prestasi,” kata Ismatullah kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Ismatullah juga mengatakan, verifikasi data secara langsung di sekolah merupakan pelayanan PPDB untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi orang tua.

“Pada prinsipnya itu bagian helpdesk untuk wali murid yang belum cakap IT,” ujarnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: