Helldy Wacanakan Program Pemagangan, Industri Minta Dimatangkan di BLK

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon berencana melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk program pemagangan....
Walikota Cilegon, Helldy Agustian
Walikota Cilegon, Helldy Agustian

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, program pemagangan tersebut sebagai persiapan penyerapan tenaga kerja kedepan untuk masyarakat Kota Cilegon.

“Ini dalam rangka persiapan saja terlebih dahulu. Jadi kita minta ke industri agar masalah pengangguran ini menjadi masalah kita bersama,” kata Helldy usai rapat tertutup bersama sejumlah HRD perusahaan di ruang rapat walikota, Senin (26/4/2021).

Helldy berharap dengan pelaksanaan program pemagangan tersebut, masyarakat Cilegon dapat memiliki keahlian (skill) dalam bidang tertentu.

Dimana dalam program pemagangan yang diprioritaskan untuk lulusan SMA sederajat tersebut, nantinya akan diberikan pelatihan selama 3-6 bulan, dengan kriteria usia maksimal 30 tahun.

“Bagaimana orang Cilegon punya keahlian dalam hal pemagangan tadi,” tuturnya.

Meski Pemkot Cilegon telah memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai pusat pelatihan dalam meningkatkan skill, Helldy menginginkan program pemagangan tersebut dapat langsung diakomodir oleh pihak industri.

“Kita sudah sebutkan bahwa BLK nanti kita pengen ke arah lebih kepada low skill, keahlian tertentu. Nanti industri ini bertanggung jawab kepada middle skillnya lah,” ujarnya.

Sementara itu Human Resource Development (HRD) PT Lotte Chemical Titan Nusantara, Dina Rahmasari mengapresiasi langkah Pemkot Cilegon dalam bersinergi dengan industri melalui program pemagangan.

Namun demikian, pihaknya menginginkan agar Pemkot Cilegon dapat terlebih dahulu mematangkan siswa lulusan SMA sederajat tersebut di BLK sebelum mengikuti program pemagangan di industri.

“Dimana pemagangannya pun dibekali oleh pihak pemerintah, dengan pemerintah melakukan pelatihan di BLK, setelah matang akan diberikan kepada pihak perusahaan,” katanya.

“Jadi sudah matang dari BLK, nanti untuk aktual prakteknya, dunia kerjanya dilakukan oleh pihak industri (melalui program pemagangan),” ujarnya.

Hal senada dikatakan, Human Capital Development Spv PT. Latinusa, Tbk. Indonesia, Agis Tri Susanti, dimana selain industri, program tersebut membutuhkan peran aktif pemerintah.

“Jadi simbiosis mutualisme, industri dan pemerintah mendapatkan nilai dan manfaat dari prorgam tersebut. Tentunya kan bisa saling memberi. Selama ini sudah ada beberapa yang menerapkan, dan beberapa masih ada yang proses,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
CilegonIndustri

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: