Helldy Wacanakan Lelang Ulang Tiga Jabatan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Walikota Cilegon, Helldy Agustian mewacanakan lelang ulang jabatan di tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ...
Walikota Cilegon, Helldy Agustian/beritakarya.co.id
Walikota Cilegon, Helldy Agustian/beritakarya.co.id

Ketiga OPD tersebut yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon.

Posisi pejabat untuk ketiga OPD tersebut sudah dilakukan open bidding pada 2020 silam dan hingga saat ini belum ditentukan siapa yang terpilih, kendati panitia seleksi (pansel) sudah menetapkan nama tiga besar peserta lelang jabatan.

“Memang ada dua pilihan sebetulnya, tiga besar ini dipilih atau mengadakan open bidding ulang. Tetapi ini harus mendapatkan persetujuan Mendagri terlebih dahulu kalau melakukan open bidding ulang, jalurnya harus ditempuh dulu agar jangan sampai salah melangkah kita,” kata Helldy, Senin (8/3/2021).

Helldy menuturkan, sejauh ini Pemkot Cilegon belum memutuskan langkah apa yang akan ditempuh terkait dengan rencana pengisian kekosongan jabatan definitif di ketiga OPD tersebut.

“Keputusan apakah open bidding ulang atau memilih dari tiga (tiga besar pejabat hasil rekomendasi Tim Pansel) ini, belum kita putuskan karena belum ada rapat khusus. Kita harus komunikasikan dulu, apakah harus menunggu enam bulan, apakah pengecualian karena urgensi, harus dikaji dalam. Kalau umpamanya harus di atas enam bulan, ya berarti harus open bidding ulang,” ujarnya.

Helldy tak menampik wacana open bidding ulang meskipun pemerintah daerah telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp450 juta pada open bidding sebelumnya.

“Open bidding itu kan dilakukan di eranya Pak Edi (Edi Ariadi, mantan Walikota Cilegon). Kalau di era kita, kita kan sudah menyatakan yang pertama kita akan memberikan kesempatan kepada seluruh ASN untuk nanti ikut open bidding ke depan dan tidak boleh ada bayar pangkat dan jabatan, termasuk sampai minta ke bawahannya,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Cilegon, Hasbudin mengatakan, dalam rangka efisiensi anggaran, ia menyarankan lelang jabatan ulang tidak perlu dilakukan.

“Kalau menurut saya, tanpa perlu seleksi ulang, karena itu kan sama saja. Kecuali yang direkomendasi itu cuma satu ASN, ini kan ada tiga. Jadi tanpa seleksi ulang pun tinggal dipilih saja satu dari tiga orang itu yang dipandang Walikota bisa bersinergi,” ujarnya, Selasa (9/3/2021).

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: