Helldy Instruksikan Lurah Tes Antigen dan Swab Pendatang Baru

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Walikota Cilegon, Helldy Agustian instruksikan Lurah se-Kota Cilegon untuk test antigen dan swab kepada warga yang pulang mudik dan pendatang baru....

Instruksi tersebut diberikan, sebagai upaya Pemkot Cilegon dalam mengantisipasi penularan dan penyebaran Covid-19.

Helldy meminta agar camat dan lurah dapat mesosialisasikan hal tersebut sampai dengan ke tingkat Ketua Rukun Tetangga (RT).

“Setelah Lebaran biasanya banyak penduduk yang datang ke Cilegon, maka kami instruksikan agar supaya dipantau kalau bisa langsung di test antigen dan swab,” kata Helldy usai rapat koordinasi bersama Camat dan Lurah se-Kota Cilegon di Aula Setda II, Selasa (18/5/2021).

Helldy mengungkapkan, test antigen dan swab terhadap pendatang baru di Kota Cilegon tersebut juga untuk menekan jumlah zona rawan penyebaran Covid-19 yang diklaim saat ini mengalami penurunan.

Dimana, kata Helldy, berdasarkan data mulai April hingga awal Mei 2021, dari 1.189 RT terdapat 111 RT masuk dalam zona kuning dan 2 RT zona oranye.

Kemudian, lanjut Helldy, pada 11-17 Mei 2021, zona kuning menurun menjadi 25 RT dan tidak ada lingkungan yang masuk dalam kategori zona oranye dan merah.

“Sisanya di zona hijau. Dari 1.189 RT jadi 25 RT yang kuning,” ungkapnya.

Terkait instruksi Walikota Cilegon untuk melakukan tes antigen dan swab pada pendatang baru dan warga yang pulang mudik tersebut, Lurah Ciwaduk, Dedi Suryadinata mengaku belum mengetahui secara teknis pelaksanaannya.

Namun demikian, Dedi mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan menginstruksikan kepada RT dan RW di wilayahnya untuk melakukan pendataan warga yang baru pulang mudik dan pendatang baru.

“Karena Instruksinya baru disampaikan, kita belum tahu SOP (Standar Operasional Prosedur) nya bagaimana,” katanya.

Untuk itu, Dedi mengungkapkan, pihaknya akan menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) dari Satgas Covid-19 Cilegon.

“Mungkin hari ini sedang disusun juklak dan juknisnya. Kita menunggu saja, karena kita kan bekerja sesuai aturan yang ada, tidak boleh berinisiatif sendiri,” tutupnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: