Halal Tourism, Ide Baru Sektor Pariwisata

BERITAKARYA.CO.ID, PANDEGLANG – Sektor pariwisata merupakan salah satu penopang yang signifikan untuk perkembangan suatu wilayah dan negara. Wilayah Kabupaten Pandeglang adalah salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat...
Bupati Pandeglang, Irna Narulita berbicara dalam Fokus Grup Discussion (FGD) kajian strategis wisata halal dan optimalisasi potensi wisata di Riz Hotel Pandeglang, Rabu (12/04/2017)/beritakarya.co.id
BERITAKARYA.CO.ID, PANDEGLANG – Sektor pariwisata merupakan salah satu penopang yang signifikan untuk perkembangan suatu wilayah dan negara. Wilayah Kabupaten Pandeglang adalah salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar itu.
Bupati Pandeglang, Irna Narulita menginginkan, pengembangan konsep halal tourism dirancang sebagus mungkin, sehingga dapat menjadi magnet masyarakat dunia. Menurutnya, potensi itu menjadi kesempatan emas bagi Kabupaten Pandeglang untuk mengembangkan sektor pariwisata.
“Kita dapat melakukan promosi wisata dalam berbagai bentuk, dengan begitu para investor akan tertarik terhadap potensi wisata yang ada di Pandeglang. Dengan hadirnya investor, jelas akan membuka lapangan pekerjaan, dan penambahan devisa negara melalui APBD Kabupaten Pandeglang,” kata Irna saat membuka Fokus Grup Discussion (FGD) kajian strategis wisata halal dan optimalisasi potensi wisata di Riz Hotel Pandeglang, Rabu (12/04/2017).
Kepala Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi UI, Banu Muhamad Haidir menjelaskan, wisata halal adalah mengunjungi objek bersejarah peninggalan Khalifah Islam seperti Alhambra di Granada Spanyol, Blue Mosque di Turki, ibadah umrah atau haji, dan lain-lain.
Kata dia, ciri wisata islami di antaranya terkait peribadahan dan sejarah Islam, biasanya yang dilakukan hanya oleh muslim, dan terkait dengan objek atau situs budaya Islam.
“Makanan, pakaian, hiburan dan semua barang dan jasa yang menggunakan istilah halal dapat dikonsumsi oleh pemeluk agama Islam dan bukan pemeluk agam Islam. Untuk itu, segala sesuatu yang menggunakan istilah halal, tidak mesti diperuntukkan bagi pemeluk agama Islam saja,” terang Banu.(K2)

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Pandeglang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: