H-7 Libur Nataru, Kendaraan Pribadi Dominasi Penyeberangan di Merak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Jelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju Bakauheni mulai dipadati penumpang....

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, hingga saat ini trafik penyeberangan Jawa-Sumatera maupun sebaliknya melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni relatif ramai dan lancar.

Dimana kendaraan roda empat (R-4) penumpang masih mendominasi dan terus meningkat sejak beroperasinya tol Trans Sumatera.

“Dari data Ferizy, kami mencatat trafik R-4 penumpang ramai mengalir per jamnya, mulai dari pagi hingga sore hari dengan jumlah reservasi online sebanyak 1500 unit mobil pribadi,” kata Shelvy melalui siaran pers, Sabtu (19/12/2020).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Merak, selama 24 jam mulai 18-19 Desember pukul 08.00 Wib atau H-7 tercatat penumpang yang akan menyeberang dari Jawa ke Sumatera terhitung berjumlah 31 ribu orang atau turun 2,27 persen dibanding tahun 2019 yang berjumlah 33 ribu penumpang.

Dengan kendaraan pribadi (R4) sebanyak 4.200 unit atau naik 26,5 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu, dan total kendaraan R-4 atau lebih (termasuk bus dan truk) tercatat sebanyak 2.700 unit kendaraan atau turun 37 persen.

Demikian juga sebaliknya, berdasarkan data Posko Bakauheni hingga H-7 tercatat penumpang yang menyeberang dari berjumlah 24.644 orang atau turun 11 persen dibandingkan periode sama tahun 2019 sebanyak 27.782 orang.

Diikuti kendaraan roda dua sebanyak 522 unit, lalu kendaraan pribadi (R4) sebanyak 2.880 unit, dan total kendaraan R-4 (termasuk bus dan truk) tercatat sebanyak 6.192 unit kendaraan.

Pada momen libur Nataru ini, ASDP mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar tetap mewaspadai cuaca buruk yang terjadi selama bulan Desember, dimana intensitas hujan dan gelombang relatif tinggi di berbagai wilayah perairan Indonesia.

Kondisi cuaca yang mudah berubah, kata Shelvy, dapat berdampak pada perubahan jadwal pelayanan dikarenakan kapal membutuhkan waktu lebih lama dalam olah gerak saat akan sandar di dermaga.

“Kami pastikan, kesiapan sarana dan prasarana memadai. Namun, kami harapkan kerjasama dari pengguna jasa untuk lebih well prepared. Pastikan telah mereservasi tiket via Ferizy, menjaga kondisi kesehatan tubuh dan kendaraan, serta patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Reporter: Zainal Mutakin
Editor: Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: