Guru Madrasah Desak Pemkot Cilegon Batalkan Penghapusan Honda

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Forum Komunikasi Guru Sertifikasi Honda Madrasah Cilegon (FKGSHMC) desak Pemkot Cilegon membatalkan rencana penghapusan Honor Daerah (Honda) di 2022 mendatang....

Desakan tersebut disampaikan saat FKGSHMC melakukan audiensi dengan Walikota Cilegon Helldy Agustian di Kantor Walikota, Jumat (2/7/2021).

Kepala FKGSHMC, Muhri berharap Honda yang diterima oleh para guru sertifikasi tersebut tidak dihilangkan.

Pasalnya, menurut Muhri anggapan tumpang tindih anggaran menurut Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Cilegon adalah tidak benar.

Sebab, guru sertifikasi menerima tunjangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan tidak ada tumpang tindih di anggaran Kota Cilegon.

“Kami menjelaskan bahwa yang namanya tumpang tindih itu apabila anggaran yang dikeluarkan Pemkot Cilegon contoh guru MI dan guru RA kemudian mengajar juga di MTS atau MA mendapatkan tunjangan Honda ini. Nah di situlah saya katakan tumpang tindih. Tapi kalau anggaran yang dikeluarkan APBN guru sertifikasi ini tidak ada tumpang tindihnya di anggaran Kota Cilegon,” kata Muhri.

Masih menurut Muhri, apabila Honda senilai Rp440 ribu tersebut dihilangkan, akan merugikan dan berdampak pada kinerja guru madrasah.

“Sertifikasi ini didapatkan dari guru ada aturannya. Aturannya itu kalau mencapai 24 jam mengajar baru dapat, kalau kurang maka hak nya sertifikasi itu tidak dapat. Karena kami ini sudah fungsional dari APBN saja hilang,” ujarnya.

Terpisah, Walikota Cilegon Helldy Agustian menjelaskan, hal tersebut telah tertuang dalam peraturan Kemendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Di halaman nomor 44 nya ada tulisannya poin ke 2 mengenai hibah tidak boleh tumpang tindih,” jelasnya

Namun, demi menghindari kesalahpahaman, Helldy mengaku telah bersepakat dengan organisasi guru sertifikasi tersebut untuk konsultasi bersama kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

“Tadi kita sudah ada kesepakatan untuk nanti bersama-sama ke BPK,” tandasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: